Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Menghidangkan Asinan Kesemek & Salak Pondoh yang Enak Banget!

Lagi cari resep asinan kesemek & salak pondoh yang paling sedap? Tidak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep asinan kesemek & salak pondoh terbaik! Hidangan asinan kesemek & salak pondoh ini cocok untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak sulit dibuat.

Asinan Kesemek & Salak Pondoh

Sebagian Besar orang takut mulai memasak asinan kesemek & salak pondoh karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari asinan kesemek & salak pondoh! Pertama dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Kamu dapat menghidangkan asinan kesemek & salak pondoh hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep asinan kesemek & salak pondoh!

Untuk memasak Asinan Kesemek & Salak Pondoh, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Siapkan 2 buah of Kesemek.
  2. Siapkan 2 buah of Salak Pondoh.
  3. Diperlukan 4 buah of Cabe Rawit (bisa dikurangi).
  4. Siapkan 5 sdm of Gula Pasir (bisa dikurangi krn kesemek & salak sdh manis).
  5. Dibutuhkan 1 sdt of Garam.
  6. Dibutuhkan 1/4 blok of Asam Jawa (kemasan bungkus kecil) atau sesuai selera.
  7. Sediakan 300 ml of Air.
  8. Sediakan of Bahan Penyedap (boleh di-skip).
  9. Sediakan sejumput of Terasi Udang.
  10. Dibutuhkan 1 siung of Bawang Putih (ukuran paling mini di dalam 1 bonggol).
  11. Sediakan 1 buah of Jeruk Limau.

Cara menghidangkan Asinan Kesemek & Salak Pondoh:

  1. Cuci buah kesemeknya, kupas kulitnya lalu potong sesuai selera. Salaknya cukup dikupas dan dipotong-potong tanpa dicuci dan jangan hilangkan kulit arinya (obat sembelit). Sisihkan..
  2. Cuci cabe dan bawang putihnya. Iris tipis cabainya (buang bijinya) dan cincang halus bawang putihnya. Sisihkan..
  3. Rebus air bersama dengan irisan cabe, bawang, terasi, asam jawa, dan gula hingga mendidih dan berwarna kecoklatan. Lalu tambahkan garam. Koreksi rasa. Setelah itu, matikan kompor..
  4. Masukkan potongan kesemek dan salak pondoh ke dalam rebusan di langkah ke-3. Lalu taburi dengan perasan air Jeruk Limau. Aduk rata dan dinginkan. Kemudian simpan di dalam kulkas. Sajikan dan santap selagi dingin..

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat asinan kesemek & salak pondoh hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close