Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Memasak Pepes Ikan Asin Peda Balut Oncom Kekinian

Ingin memasak pepes ikan asin peda balut oncom yang nikmat? Gak perlu ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep pepes ikan asin peda balut oncom terbaik! Satu lagi hidangan yang bisa membuat meja makan semakin meriah - pepes ikan asin peda balut oncom! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Pepes Ikan Asin Peda Balut Oncom

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan pepes ikan asin peda balut oncom karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari pepes ikan asin peda balut oncom! Mulai dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, kualitas bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Namun tahukah Anda sebenarnya hidangan pepes ikan peda ini berasal dari mana? Panaskan minyak goreng di dalam wajan datar antilengket, lalu goreng ikan peda hingga Cara membuat pepes oncom. Iris serong cabai merah dan serai.

Kamu dapat menghidangkan pepes ikan asin peda balut oncom hanya dengan menggunakan 12 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep pepes ikan asin peda balut oncom!

Untuk memasak Pepes Ikan Asin Peda Balut Oncom, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Ambil 5 ekor of ikan asin peda ukuran besar,cuci bersih, sisihkan.
  2. Dibutuhkan 5 papan of oncom kwalitas bagus.
  3. Sediakan 150 ml of minyak goreng.
  4. Dibutuhkan 3 bh of tomat ukuran besar, potong kecil".
  5. Diperlukan 10 bh of bawang merah,iris tipis.
  6. Siapkan 10 bh of cabe merah, potong".
  7. Siapkan 10 bh of cabe rawit merah,potong".
  8. Diperlukan 5 tangkai of daun bawang,cuci bersih,potong".
  9. Diperlukan 1/2 sdt of masako rasa ayam.
  10. Dibutuhkan secukupnya of Daun Salam.
  11. Dibutuhkan secukupnya of Daun Pisang Batu.
  12. Siapkan secukupnya of Lidi/tusuk gigi.

Selain ikan asin peda yang khas dari nasi bakar kali ini, aroma dari daun kemangi dapat menambah cita rasa penyajiannya. Untuk menambah selera makan, rasa pedas dapat disesuaikan dengan selera. Oncom (Indonesian pronunciation: [ɔnˈtʃɔm]) is one of the traditional staple foods of West Java (Sundanese) cuisine of Indonesia. There are two kinds of oncom: red oncom and black oncom.

Proses membuat Pepes Ikan Asin Peda Balut Oncom:

  1. Haluskan oncom (sy pake ulekan), masukkan minyak goreng, aduk rata,kenapa sy kasih minyak goreng?agar pd saat oncom dibalut ke ikan, ga berantakan,si oncom jadi lembab,ga mawur gitu,jg bikin pepes jadi harum. Kemudian tambahkan potongan tomat,bawang merah,cabe merah+rawit daun bawang & masako,aduk sampai benar-benar rata.Saya ga pake garam ya,krn ikannya sendiri udh asin....
  2. Ambil sehelai daun pisang, letakkan 3 sdm oncom,beri 2 lembar daun salam,tata ikan asin peda diatasnya, tambahkan lg 2 lembar daun salam, kemudian tutup lg dgn 3 sdm oncom..
  3. Gulung pepes,semat kedua ujungnya dgn lidi/tusuk gigi, lakukan hingga adonan habis..
  4. Panggang diatas kompor, sambil dibolak-balik hingga kedua sisinya matang..
  5. Sajikan...🤤👍😘.
Oncom is closely related to tempeh; both are foods fermented using mold. Jangan salah, ikan asin tak selamanya berkonotasi makanan kampung dan murah lho. Coba saja anda pergi ke pasar beli ikan asin jambal roti yang besar dan tebal, harga perkilonya sekarang lebih mahal daripada ayam! Harga Ikan Asin - Lihat artikel ini untuk mengetahui harga ikan asin per kg terbaru dan terlengkap. Untuk bentuk dan ukuran ikan asin peda hampir sama dengan ikan asin pada umumnya.

Mudah bukan membuat pepes ikan asin peda balut oncom? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close