Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Menyiapkan Sambal Cumi Asin Anti Gagal!

Bosen dengan hidangan yang itu-itu saja? Mari coba resep sambal cumi asin ini, mungkin bisa jadi pilihan paling cocok! sambal cumi asin salah satu menu makanan dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti lezat.

Sambal Cumi Asin

Kebanyakan orang takut mulai memasak sambal cumi asin karena takut rasa masakannya tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari sambal cumi asin! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, kualitas bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Kawan-kawan dapat membuat sambal cumi asin hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep sambal cumi asin!

Untuk membuat Sambal Cumi Asin, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 1 ons of cumi asin / 15 ekor cumi asin ukuran sedang.
  2. Ambil secukupnya of Minyak.
  3. Diperlukan secukupnya of Garam.
  4. Diperlukan 1 sdt of gula pasir.
  5. Ambil secukupnya of Kaldu jamur.
  6. Siapkan of Bahan ulek / Blender.
  7. Siapkan 15 of cabe merah keriting.
  8. Sediakan 15 of cabe rawit merah.
  9. Diperlukan 6 siung of bawang merah.
  10. Diperlukan 5 siung of bawang putih.

Proses menghidangkan Sambal Cumi Asin:

  1. Rendam cumi di air panas. Ulangi selama 2-3 kali. Saya 1 kali direbus selama 5 menit, agar amisnya hilang. Tiriskan..
  2. Potong potong cumi sesuai selera, atau bisa juga dibiarkan utuh. Kemudian goreng setengah matang, jangan sampai kering atau alot..
  3. Tumis bumbu yang telah dihaluskan, masak hingga harum dan jangan bau langu. Kemudian masukkan cumi yang telah digoreng. Masak hingga sambal sedikit menyusut. Cek rasa. Sajikan..

Mudah bukan membuat sambal cumi asin? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close