Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Pepes Telur Asin Untuk Pemula!

Ingin bikin pepes telur asin yang nikmat? Tidak usah pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep pepes telur asin terbaik! Hidangan pepes telur asin ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak susah dibuat.

Pepes Telur Asin

Kebanyakan orang sudah menyerah duluan pepes telur asin karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari pepes telur asin! Mulai dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, agar rasa makanan semakin lezat tentu saja harus menggunakan banyak bumbu supaya masakan yang dihasilkan terasa enak. Selanjutnya, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Resep Pepes Telur Asin enak dan mudah untuk dibuat. Di sini ada cara membuat yang jelas dan Telur bebek yang dicap bagian kulitnya, itu pandangan masyarakat umum begitu mendengar istilah. Pepes tahu, ayam, atau ikan pasti sudah biasa.

Cara membuatnya pun tidak susah, sobat dapat memasak pepes telur asin hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 16 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin pepes telur asin yuk!

Untuk menyiapkan Pepes Telur Asin, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Gunakan 10 butir of telur asin mentah.
  2. Gunakan 2 of santan instan kara @ 65 ml.
  3. Gunakan 2 sdt of gula pasir.
  4. Dibutuhkan 1 sdt of merica bubuk.
  5. Siapkan 1/4 sdt of kunyit bubuk.
  6. Gunakan 5 lembar of daun salam.
  7. Diperlukan 3 batang of sereh.
  8. Siapkan 2 buah of tomat merah kecil.
  9. Dibutuhkan 5 batang of daun bawang prei ukuran kecil.
  10. Diperlukan 5 buah of cabe merah (buang biji).
  11. Siapkan 10 siung of bawang merah.
  12. Diperlukan 6 siung of bawang putih.
  13. Diperlukan 20 buah of cabe rawit merah.
  14. Sediakan secukupnya of daun kemangi.
  15. Diperlukan secukupnya of daun pisang.
  16. Ambil 10 buah of tusuk gigi untuk menyemat.

Nah, bagaimana kalau kita buat pepes telur asin. Sisakan bagian kuning tetap utuh untuk isiannya ya. Nikmati kelezatan telur asin yang gurih bersama pepes tahu yang lembut. Sangat cocok untuk kamu yang sedang belajar masak, karena cara membuatnya yang mudah!

Cara membuat Pepes Telur Asin:

  1. Bersihkan penutup telur asin..
  2. Telur asin mentah sudah dibersihkan dan dicuci bersih..
  3. Pisahkan bagian putih telur dan bagian kuning telurnya....ternyata ada satu telur asin mentah yg jelek, jadi yg dipakai 9 telur..
  4. Siapkan dan cuci bersih bahan bahan lain yg akan digunakan..
  5. Iris iris bawang merahnya...geprek bawang putihnya lalu iris iris juga..
  6. Iris iris daun bawang prei dan cabe merah...geprek sereh lalu iris besar...1 buah tomat potong jadi 5 bagian..
  7. Putih telur dikocok sebentar dengan garpu, lalu masukkan santan kara nya, aduk rata..
  8. Masukkan juga bawang merah, bawang putih, daun bawang dan irisan cabe merahnya....lalu masukkan juga gula pasir, merica bubuk dan kunyit bubuknya, aduk rata dan cek rasanya....karena telur asin mentah yang dibeli sudah berasa asin tidak perlu diberi garam lagi....tetapi bila kurang asin silahkan ditambah garam secukupnya..
  9. Siap untuk dibungkus...pilih daun pisang yang lebar, lalu dilap pakai serbet basah sampai bersih..
  10. 2 lembar daun pisang ditumpuk jadi satu....salah satu ujungnya dilipat dan daun pisang siap untuk diisi..
  11. Masukkan 1/2 lembar daun salam, sepotong sereh dan secukupnya daun kemangi..
  12. Tuang diatasnya adonan putih telur secukupnya lalu beri 1 buah kuning telur...beri 1 potong irisan tomat dan 2 buah cabe rawit..
  13. Lipat daun pisang dan semat dengan tusuk gigi..
  14. Kukus pepes telur asin selama 45 menit..
  15. Pepes telur asin siap dihidangkan.....😊👍.
  16. ❤....
Menggunakan telur asin sebagai pengganti ikan, pepes ini dijamin akan lezat dan istimewa apalagi dipadukan dengan racikan bumbu pepes yang khas. Cara lain menikmati kelezatan telur asin adalah dengan cara dibuat pepes. Taburan bumbu iris dan kemangi yang sangat harum saat dikukus, menambah lengkap kelezatan Pepes Telur Asin ini. Penilaian : Campuran tahu dengan telur asin yang di kukus menghasilkan sajian pelengkap yang nikmat dan ekonomis. Telur asin tidak hanya bisa menjadi santapan praktis dengan direbus dan dimakan begitu saja, tetapi juga dapat dimodifikasi dengan berbagai bahan untuk menghasilkan hidangan istimewa di dapur Anda.

Mudah bukan membuat pepes telur asin? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close