Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghidangkan Ikan asin tongkol cabe ijo Anti Ribet!

Jenuh dengan sajian makanan yang itu-itu aja? Kamu perlu coba resep ikan asin tongkol cabe ijo ini, mungkin bisa jadi pilihan paling pas! Satu lagi menu makanan yang bakal bikin meja makan semakin meriah - ikan asin tongkol cabe ijo! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Ikan asin tongkol cabe ijo

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan ikan asin tongkol cabe ijo karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan asin tongkol cabe ijo! Mulai dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu sebaiknya pakai bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Ikan asin adalah bahan makanan yang terbuat dari daging ikan yang diawetkan dengan menambahkan banyak garam. Dengan metode pengawetan ini daging ikan yang biasanya membusuk dalam waktu singkat dapat disimpan di suhu kamar untuk jangka waktu berbulan-bulan.. Duniaikan.com - Olahan Resep Ikan Tongkol Paling Enak, Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan konsumsi yang kaya akan kandungan gizi yang sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh.

Kalian dapat membuat ikan asin tongkol cabe ijo hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep ikan asin tongkol cabe ijo!

Untuk menghidangkan Ikan asin tongkol cabe ijo, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan 2 ekor of ikan asin tongkol cue yang uda dibelah.
  2. Dibutuhkan 3 buah of cabe ijo.
  3. Siapkan 3 buah of rawit setan.
  4. Gunakan 1 buah of tomat ijo.
  5. Diperlukan 3 siung of bawang merah.
  6. Siapkan 1 siung of bawang putih.
  7. Gunakan 1 sdt of penyedap rasa.
  8. Siapkan of Sejumpit gula pasir.
  9. Dibutuhkan 1 sdm of saos tiram.
  10. Diperlukan 1 sdm of kecap manis atau sesuai selera.
  11. Siapkan 1 sdt of kecap asin tau sesuai selera.
  12. Gunakan of Minyak untuk menumis.
  13. Gunakan of Air 100ml atau sesuai selera.

Aneka olahan dari ikan tongkol itu sangat banyak, anda bisa mengolah ikan tongkol sesuai selera. Entah berupa ikan tongkol atau jenis ikan kembung dan tamban yang berduri banyak. Lokasi Paron yang jauh dari lautan membuat ikan laut segar sulit diperoleh. Jikalau di Ngawi ada, itupun dengan harga yang sangat mahal sehingga tidak pernah masuk ke dalam list budget Ibu saya.

Proses menyiapkan Ikan asin tongkol cabe ijo:

  1. Iris semua bumbu (cabe, tomat, bawang).
  2. Cuci bersih ikan, kemudian tiriskan.
  3. Rebus ikan untuk menghilangkan rasa yang terlalu asin. Tiriskan kemudian goreng ikan dengan minyak panas tapi jangan sampai kering digorengnya. Kemudian tiriskan..
  4. Tumis bawang merah dan putih sampai harum. Kemudian masukkan tomat dan cabe, tumis sebentar.
  5. Masukkan ikan, beri air, saos tiram, kecap asin, kecap manis, penyedap rasa, dan gula. Aduk dan koreksi rasanya. Tunggu sampai air mendidih dan agak menyusut. Matikan kompor. Dan sajikan~.
Selain ekonomis, ikan tongkol juga kaya akan protein loh. Biasanya orang-orang mengolahnya dengan cara digoreng. Namun ada juga yang mengolahnya menjadi sarden, dimasak cabai hijau, balado dan banyak lainnya. Selain itu tongkol juga cocok dipadukan dengan campuran bahan lain seperti tahu. Daging ikan tongkol sendiri memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan dan pertumbuhan.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat ikan asin tongkol cabe ijo. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close