Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Asinan Buah Untuk Pemula!

Ingin tau rahasia bikin asinan buah yang nikmat? Tidak usah pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep asinan buah terbaik! asinan buah cocok untuk hidangan sehari-hari di rumah maupun untuk santapan perayaan.

Asinan Buah

Banyak orang takut mulai memasak asinan buah karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari asinan buah! Pertama dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan banyak bumbu agar masakan yang dihasilkan terasa lezat. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Selain rujak, asinan buah bisa jadi pilihannya. Kamu bisa menggunakan buah apa saja, mulai dari bengkuang, anggur, mangga, salak, nanas hingga kelengkeng. Nah, asinan dari buah-buahan ini punya cita rasa yang khas dan menyegarkan.

Cara membuatnya pun tidak sulit, teman-teman dapat membuat asinan buah hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin asinan buah yuk!

Untuk membuat Asinan Buah, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan of Buah-buahan (sesuai selera):.
  2. Gunakan 3 buah of bengkoang.
  3. Gunakan 1 buah of mentimun.
  4. Gunakan 1/2 buah of nanas ukuran besar.
  5. Siapkan 1 buah of jambu bol jamaika.
  6. Ambil of Kuah asinan :.
  7. Ambil 1 liter of air.
  8. Diperlukan 200 gr of gula pasir.
  9. Sediakan 5 buah of cabe merah besar (sesuai selera).
  10. Siapkan 10 buah of cabe rawit merah (sesuai selera).
  11. Gunakan 1 siung of bawang putih.
  12. Diperlukan 1 bks kecil of asam jawa.
  13. Ambil 2 sdm of cuka masak.
  14. Sediakan 1 sdt of garam.
  15. Ambil 1/2 buah of gula aren / gula merah ukuran kecil.
  16. Sediakan of Pelengkap:.
  17. Siapkan Sesuai selera of kacang tanah goreng.

Cita rasa manis dan asam buah semakin terasa nikmat dengan dipadukan larutan gula, garam, cuka, asam jawa, dan berbagai bumbu lainnya. Asinan buah ini cocok dinikmati saat santai atau saat cuaca yang panas. Deskripsi tentang asinan buah Indonesia memang terkenal dengan aneka ragam kulinernya. Keanekaragaman ini dikarenakan wilayah Indonesia yang luas dan kebudayaan yang beragam.

Langkah-langkah menyiapkan Asinan Buah:

  1. Buat kuahnya terlebih dahulu, haluskan cabe, bawang putih dan garam. Tambahkan asam jawa dan gula aren, ulek hingga tercampur rata..
  2. Didihkan air, lalu masukan bumbu halus dan gula pasir, aduk hingga gula larut, tambahkan cuka, cek rasa, biarkan 5 menit supaya bumbu matang. Dinginkan..
  3. Kupas bengkoang dan nanas, cuci bersih. Lalu potong-potong sesuai selera. Begitu juga dengan jambu dan mentimun, cuci bersih lalu potong-potong. Tata dalam wadah, lalu tuang kuah asinan yang sudah dingin, aduk rata, tambahkan kacang tanah yang sudah digoreng, aduk lagi. Tutup rapat, dinginkan dalam kulkas minimal 3 jam (saya semalaman). Sajikan 🤗😍.
Salah satu kuliner favorit Indonesia adalah asinan buah. Resep asinan buah - Makanan khas dari Indonesia memang beragam jenis dan cita rasanya, mulai dari yang gurih sampai yang segar, salah satu makanan yang Asinan buah memang dibuat dari buah serta sayur yang diberi bumbu berupa kuah yang rasanya pedas, gurih, manis, dan juga asin. Asinan buah memiliki sebutan lain yaitu asinan Bogor. Asinan ini memang banyak ditemukan di Bogor, khususnya daerah Cibinong dan kota Bogor. Untuk asinan Bogor ini, buah yang digunakan biasanya adalah mangga muda, jambu air, kedondong, bengkoang, timun, dan nanas.

Selamat mencoba resep asinan buah! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close