Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sambal Cumi Asin Pete dan Leunca Untuk Pemula!

Coba resep sambal cumi asin pete dan leunca sebagai menu istimewa hari ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Satu lagi menu makanan yang bakal bikin meja makan semakin meriah - sambal cumi asin pete dan leunca! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Sambal Cumi Asin Pete dan Leunca

Sebagian Besar orang sudah menyerah duluan sambal cumi asin pete dan leunca karena takut hasil masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal cumi asin pete dan leunca! Pertama dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Cumi Asin Pete Enak dan Manfaat Mengkonsumsinya. Lihat juga resep Sambel pete hoot 🤤 enak lainnya. Menyantap cumi asin ditambah sambal ijo memang paling pas, apalagi keduanya dicampur menjadi satu hidangan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, sobat dapat menyiapkan sambal cumi asin pete dan leunca hanya dengan menggunakan 14 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin sambal cumi asin pete dan leunca yuk!

Untuk membuat Sambal Cumi Asin Pete dan Leunca, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 150 gr of cumi asin, rendam air panas smp lunak.
  2. Gunakan 5 bh of cabe merah besar.
  3. Gunakan 7 bh of cabe merah keriting.
  4. Dibutuhkan 12 bh of cabe rawit merah.
  5. Gunakan 10 bh of cabe rawit merah, utuhkan.
  6. Dibutuhkan 2 lonjor of pete, masing2 belah 2.
  7. Diperlukan 1 mangkuk kecil of leunca.
  8. Siapkan 2 bh of tomat ukuran sedang, potong kecil2.
  9. Dibutuhkan Sepotong of lengkuas, geprek.
  10. Ambil 3 lbr of daun salam.
  11. Siapkan Secukupnya of garam, gula merah, kaldu bubuk.
  12. Dibutuhkan 1 sdm of air jeruk nipis (dari seiris jeruk nipis).
  13. Diperlukan of Minyak untuk menumis.
  14. Ambil Sedikit of air matang.

Dilansir dari akun instagram @berbagiresep, berikut ini bahan-bahan dan cara membuat cumi asin sambal ijo. Nikmat disantap dengan menu lainnya, seperti sayur asem, lalapan. Sambal cumi asin pete. foto: Instagram/@pandai_memasak. Campurkan pete dan cumi bisa jadi pelengkap makan paling nikmat nih.

Cara menyiapkan Sambal Cumi Asin Pete dan Leunca:

  1. Siapkan semua bahan. Rebus cabe merah besar, cabe merah keriting, cabe rawit (12 bh) dlm air mendidih smp lunak, spy aku gampang nguleknya Mom...dan sambal berwarna merah cerah..
  2. Cumi yg telah direndam air panas smp lunak kmd dibersihkan, dipotong2 dan dicuci bersih. Cabe yg telah direbus, bawang merah, bawang putih, dan sedikit garam dihaluskan..
  3. Panaskan minyak. Tumis bumbu halus, daun salam, dan lengkuas smp matang dan keluar minyaknya. Masukkan potongan tomat. Aduk rata, beri sedikit air, masak smp tomat hancur..
  4. Masukkan gula merah dan kaldu bubuk. Aduk rata. Masukkan petai, cabe rawit utuh, dan leunca. Aduk rata, masak smp agak layu..
  5. Masukkan cumi asin. Aduk rata. Masak smp cumi matang dan bumbu merasuk ke cumi..
  6. Terakhir beri kucuran air jeruk nipis (1 sdm dari seiris jeruk nipis). Aduk rata, jgn lupa koreksi rasa. Angkat, sajikan..
Sambal cumi-cumi dengan petai dan mangga muda ini super pedas dan sedap rasanya. Dari tampangnya sepertinya sambal cumi-cumi ini mirip dengan sambal balado umumnya, yang membedakan adalah tambahan irisan cabai rawit yang lebih banyak sehingga membuat rasanya. Jakarta - Cumi asin sering diolah jadi menu tumisan. Rasanya yang gurih, makin enak dimasak dengan potongan bawang dan cabai rawit. Perhatikan tampilan dan aroma dari cumi asin saat kamu membelinya.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat sambal cumi asin pete dan leunca. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close