Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Telur Asin Homemade (Masir) Anti Ribet!

Sedang cari resep telur asin homemade (masir) yang paling lezat? Tidak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep telur asin homemade (masir) terbaik! telur asin homemade (masir) salah satu sajian dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti nagih.

Telur Asin Homemade (Masir)

Kebanyakan orang takut mulai memasak telur asin homemade (masir) karena takut rasa masakannya tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari telur asin homemade (masir)! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Assalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh teman teman, kali ini aku sharing cara membuat telur asin dari telur bebek yang hasilnya dijamin enak dan masir. TELOR ASIN HOMEMADE MASIR BERMINYAK by @tintinrayner.. . Membuat Telur Asin yang higinies dari telur bebek yang mempunyai kandungan gizi tinggi menghasilkan aneka Resep Telur Asin dengan rasa lezat dan tutorial video pembuatan telur asin masir di YOUTUBE.

Cara membuatnya pun tidak susah, kalian dapat membuat telur asin homemade (masir) hanya dengan menggunakan 3 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep telur asin homemade (masir)!

Untuk menghidangkan Telur Asin Homemade (Masir), gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 10 butir of telur bebek (cuma dapet 7, + telur negri 3butir).
  2. Dibutuhkan 200 gr of Garam kasar.
  3. Sediakan 1 liter of Air.

Telur asin yang khas dengan tekstur masir dan citarasa asin lagi gurih ini merupakan idola bagi beberapa kalangan. Santapan tersebut dapat disantap sebagai menu utama ataupun dijadikan makanan pendamping. Telur yang diawetkan dengan cara diasinkan itu pun mengandung nilai gizi. Telur asin adalah istilah umum untuk masakan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan (diberikan garam berlebih untuk menonaktifkan enzim perombak).

Langkah-langkah menyiapkan Telur Asin Homemade (Masir):

  1. Cuci bersih telur, gosok perlahan2 dg (amplas). lap kering. Hasil yg sudah di gosok akan mengkilat kulitnya.
  2. Didihkan air dan garam hingga larut. Dinginkan.
  3. Rendam telur asin dg air garam kedalam wadah tertutup rapat, sampai telur kerendam semua. Rendam kira2 15-21hr (tergantung tingkat keasinan yg diinginkan). Jika sudah 1minggu balik telur supaya asin merata..
  4. Tutup rapat simpan di suhu ruang.
  5. Angkat telur. Rebus telur asin kira2 30menit.
  6. Penampakan telur bebek dan telur ayam, telur ayam teksturnya lebih lembek dan amis.
Kebanyakan telur yang diasinkan adalah telur itik, meski tidak menutup kemungkinan untuk telur-telur yang lain. Telur asin yang terkenal adalah telur asin dari Brebes. Banyak yang beralasan kalau telur asin asli brebes tidak amis, asinnya juga pas dan teksturnya masir, yaitu seperti berpasir tapi tidak mengumpal. Selain itu, kuning telurnya juga berwarna kemerahan sehingga lebih menggugah selera. Telur asin adalah makanan pendamping, biasa dibilang lauk juga sih, terbuat dari telur bebek (telurnya berwarna hijau).

Mudah bukan membuat telur asin homemade (masir)? Selamat berkreasi di dapur! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close