Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sambal cumi asin Untuk Pemula!

Perlu hidangan praktis untuk hari ini? Resep sambal cumi asin ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Perkaya perbendaharaan resepmu dengan sambal cumi asin! Menu spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Sambal cumi asin

Banyak orang sudah minder duluan sambal cumi asin karena takut hasil masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal cumi asin! Mulai dari kualitas peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan berbagai bumbu supaya masakan yang dihasilkan terasa lezat. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Cumi asin termasuk bahan makanan yang terhitung paling awet dari cumi lainnya karena diberi garam sebagai pengawet alami. Sambal cumi asin pete. foto: Instagram/@pandai_memasak. Campurkan pete dan cumi bisa jadi pelengkap makan paling nikmat nih.

Kamu dapat membuat sambal cumi asin hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin sambal cumi asin yuk!

Untuk menyiapkan Sambal cumi asin, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 300 gr of cumi asin rendam di air panas.
  2. Diperlukan 5 bh of bw putih.
  3. Diperlukan 10 bh of bw merah.
  4. Dibutuhkan 2 bh of cabe merah.
  5. Dibutuhkan 30 bh of cabe rawit.
  6. Diperlukan 2 bh of terasi abc.
  7. Siapkan 2 st of gulpas.
  8. Sediakan 1 st of garam.
  9. Sediakan 1 st of penyedap jamur.
  10. Sediakan 1 btg of sereh geprek.
  11. Ambil 5 lbr of daun jeruk.
  12. Diperlukan 2 lbr of daun salam.
  13. Dibutuhkan 1 ruas of laos/laja geprek.
  14. Diperlukan 1 bh of jeruk limau yg besar.
  15. Gunakan of Minyak goreng.

Sambal cumi asin ini cocok disantap kapan saja. Cuci bersih cumi, rendam cumi dengan air mendidih, tutup wadah, biarkan sampai air rendaman. Fimela.com, Jakarta Daripada beli sambal cumi di luar, sebenarnya bisa membuat sendiri tumis sambal cumi di rumah untuk lauk Rebus sebentar cumi untuk mengurangi asin dan amisnya. Beli Aneka Sambal Dengan Pilihan Terlengkap dan Harga Termurah.

Proses memasak Sambal cumi asin:

  1. Tiriskan cumi dari rendaman. Potong2 sesuai selera/utuh lalu cuci bersih. Goreng di minyak panas dan tutup sekitar 5menit. Tingkat kekeringan sesuai selera..
  2. Siapkan semua bahan bumbu. Uleg atau blender bumbu kecuali sereh, laja, daun dan jeruk limau. Tumis bumbu halus plus bumbu lainnya sampai wangi..
  3. Masukkan cumi asin aduk2 sampai sambal merata dan menyerap. Terakhir beri perasan jeruk dan aduk rata. Matikan api..
  4. Siap dinikmati dg nasi pulen panas. Selamat mencoba.....bakal ngabisin nasi deh ๐Ÿ˜‰. Singkirkan dulu soal berat badan.....yg penting happy dan bahagia ๐Ÿ˜๐Ÿคฉ.
Belanja Produk Aneka Sambal Aman dan Nyaman di Tokopedia. Salah satunya bisa dijadikan cumi asin sambal goreng. Selain enak, hidangan cumi juga merupakan makanan yang sehat. Sehingga hidangan cumi sangat cocok dijadikan menu sehari-hari. Sambel ini merupakan sambal yang bikin kamu kebayang terus karena harum nya dari Sambel Hijau dan nikmat nya Ikan asin Goreng.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat sambal cumi asin hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close