Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sambal Cumi Asin Kekinian

Jenuh sama hidangan yang itu-itu saja? Kamu perlu coba resep sambal cumi asin ini, mungkin bisa jadi menu favorit barumu! sambal cumi asin salah satu makanan dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti lezat.

Sambal Cumi Asin

Pada umumnya orang malas mulai memasak sambal cumi asin karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari sambal cumi asin! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar rasa makanan semakin lezat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu supaya makanan yang dibuat terasa nikmat. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Cara membuatnya pun tidak susah, kamu dapat memasak sambal cumi asin hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep sambal cumi asin!

Untuk menyiapkan Sambal Cumi Asin, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan 125 gram of cumi asin.
  2. Dibutuhkan Secukupnya of air panas.
  3. Diperlukan 7 buah of cabe domba.
  4. Diperlukan 2 buah of cabe merah keriting.
  5. Dibutuhkan 1 sdm of gula jawa.
  6. Siapkan 2 siung of bawang putih besar.
  7. Siapkan 2 siung of bawang merah besar.
  8. Gunakan 1 buah of tomat.
  9. Gunakan secukupnya of air matang.
  10. Dibutuhkan 1 sdt of bumbu penyedap.

Langkah-langkah membuat Sambal Cumi Asin:

  1. Rendam cumi dalam air panas tunggu sampai airnya agak dingin, cuci, potong-potong sesuai selera..
  2. Haluskan cabe,bawang merah, bawang putih, tomat dan gula jawa..
  3. Panaskan wajan beri minyak goreng, tumis bumbu halus hingga mendidih (meletup2) lalu masukan cumi, tambahkan penyedap dan oseng hingga tercampur rata. Tambahkan sedikit air jika tidak suka terlalu kental, lalu masak sebentar hingga cumi empuk. Sambal cumi asin siap disajikan..

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat sambal cumi asin hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close