Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menyiapkan Sambal pete cumi asin Anti Gagal!

Coba resep sambal pete cumi asin sebagai hidangan istimewa hari ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hadirkan sambal pete cumi asin untuk agenda masak akhir pekan ini. Makanan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Sambal pete cumi asin

Sebagian Besar orang sudah menyerah duluan sambal pete cumi asin karena takut hasil masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambal pete cumi asin! Mulai dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar rasa makanan semakin lezat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu agar masakan yang dihasilkan terasa nikmat. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Nah, buat Anda yang ngidam cumi asin pete sambal ijo, bisa bikin sendiri nih. Menyantap cumi asin ditambah sambal ijo memang paling pas, apalagi keduanya dicampur menjadi satu hidangan. Dilansir dari akun instagram @berbagiresep, berikut ini bahan-bahan dan cara membuat cumi asin sambal ijo.

Kawan-kawan dapat menghidangkan sambal pete cumi asin hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep sambal pete cumi asin!

Untuk menyiapkan Sambal pete cumi asin, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Gunakan 1 papan of petai.
  2. Dibutuhkan 250 gram of cumi asin.
  3. Dibutuhkan 15 of Cabai merah keriting.
  4. Ambil 15 of Rawit merah.
  5. Siapkan 1 jempol of Lengkuas.
  6. Gunakan 1 jempol of Jahe.
  7. Siapkan 2 of Tomat ukuran kecil / 1 ukuran besar.
  8. Siapkan 10 of Bawang merah.
  9. Ambil 10 of Bawang putih.
  10. Sediakan 8 of Daun jeruk (buang batangnya kemudian sobek sobek).
  11. Siapkan 1 tangkai of Daun bawang (iris).
  12. Gunakan of Gula.
  13. Gunakan of Garam.

Lihat juga resep Sambel pete hoot ๐Ÿคค enak lainnya. Sambal cumi asin pete. foto: Instagram/@pandai_memasak. Campurkan pete dan cumi bisa jadi pelengkap makan paling nikmat nih. JAKARTA, KOMPAS.com - Baby cumi atau cumi-cumi asin berukuran kecil sekitar dua sampai tiga sentimeter belakangan jadi bahan makanan yang Semakin banyak minyak, maka sambal semakin awet.

Langkah-langkah menyiapkan Sambal pete cumi asin:

  1. Potong petai jadi 2 dari tengah.
  2. Bersihkan cumi (buang gigi, plastik dan mata nya). kemudian didihkan air, matikam api, rendam cumi selama 5 menit lalu tiriskan.
  3. Siapkan bumbu kemudian haluskan.
  4. Tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan daun bawang dan daun jeruk, masam hingga matang.
  5. Masukkan cumi, petai, gula dan garam. Aduk aduk kurang lebih 2 menit, tes rasa kemudian matikan api.
  6. Biarkan 15 menit sebelum disajikan agar bumbu meresap.
Masukkan cumi dan pete, masukkan gula merah, garam secukupnya. Masak hingga sambal agak tidak terlalu basah atau mengental sambil diaduk-aduk. Sambal cumi-cumi dengan petai dan mangga muda ini super pedas dan sedap rasanya. Infonya, sambal cumi-cumi ini sedang ramai-ramainya diperbincangkan dan banyak yang penasaran dengan rasanya. Walau tadinya saya tidak terlalu memperhatikan dan menganggapnya sama seperti sambal.

Mudah bukan membuat sambal pete cumi asin? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close