Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Cumi Asin Cabe Hijau yang Lezat Sekali!

Lagi nyari resep cumi asin cabe hijau yang paling enak? Tidak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep cumi asin cabe hijau terbaik! cumi asin cabe hijau adalah salah satu menu makanan yang paling disukai. Yuk, waktunya untuk memasaknya sendiri di rumah!

Cumi Asin Cabe Hijau

Banyak orang sudah minder duluan cumi asin cabe hijau karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cumi asin cabe hijau! Pertama dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, agar rasa makanan semakin lezat pastinya harus memakai banyak bumbu agar makanan yang dibuat terasa lezat. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Cara membuat: Cuci cumi asin hingga bersih, lalu rebus dengan air secukupnya dalam panci hingga mendidih. Ganti air dengan yang baru dan rebus kembali cumi hingga mendidih beberapa saat dan cumi mengembang. Anda wajib mencoba resep cumi asin cabai hijau ini.

Kalian dapat memasak cumi asin cabe hijau hanya dengan menggunakan 19 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep cumi asin cabe hijau!

Untuk memasak Cumi Asin Cabe Hijau, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan 1 pack of cumi asin (kurang tau brp gram).
  2. Dibutuhkan 2 buah of tomat hijau.
  3. Diperlukan 5 buah of cabai rawit merah, iris iris.
  4. Siapkan 1 buah of jeruk nipis.
  5. Siapkan 3 ruas of jahe.
  6. Dibutuhkan 3 lembar of daun jeruk.
  7. Ambil 1 lembar of daun salam.
  8. Diperlukan 1 batang of serai.
  9. Sediakan secukupnya of Gula jawa.
  10. Siapkan secukupnya of Air.
  11. Diperlukan of Bumbu halus.
  12. Diperlukan 5 siung of bawang merah.
  13. Ambil 3 siung of bawang putih.
  14. Sediakan 15 buah of cabai hijau keriting.
  15. Diperlukan 1 sdt of ketumbar bubuk.
  16. Siapkan 1/2 sdt of merica bubuk.
  17. Siapkan 1 buah of kemiri utuh.
  18. Dibutuhkan secukupnya of Garam.
  19. Ambil secukupnya of Bumbu penyedap.

Tidak usah ditanya lagi, cumi asin ini sangat lezat apalagi disantap bersama nasi putih hangat Cumi asin merupakan cumi yang di keringkan dan diberi garam seperti diasinkan, sehingga rasanya menjadi asin. Rebus cumi asin dengan air secukupnya sampai empuk, sisihkan. Tambahkan irisan jahe, masak hingga harum. Tambahkan irisan cabai keriting, cabe rawit, petai dan irisan tomat hijau, aduk.

Cara membuat Cumi Asin Cabe Hijau:

  1. Potong-potong cumi asin sesuai selera, cuci bersih dan beri perasan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amis..
  2. Agar tidak alot, rebus cumi dan beri 1 ruas jahe yang telah digeprek. Rebus kurang lebih 10 menit. Saring dan sisihkan..
  3. Tumis bumbu halus hingga wangi. Masukkan gula jawa, cabe merah iris, daun jeruk, daun salam, serai dan 2 ruas jahe yang telah digeprek. Tumis sebentar lalu masukkan cumi asin..
  4. Aduk sebentar untuk meratakan bumbu lalu beri air sampai cumi terendam. Masukkan tomat hijau yang telah diiris. Tunggu hingga air menyusut..
  5. Koreksi rasa sambil mengecek apakah cumi masih alot. Jika masih, beri air sampai cumi terendam dan didihkan sampai air menyusut lagi..
  6. Siap disajikan bersama telur dadar dan kering tempe..
Kemudian tumis bawang merah dan bawang putih hingga. Resep Cumi Kukus Cabe Hijau merupakan variasi dalam mengolah hewan laut bertinta ini. Jika biasanya cumi dinikmati dengan saus tiram atau digoreng tepung, Bunda dapat membuat kreasi cumi ini dengan dikukus terlebih dahulu. Tumis bawang putih dan bawang bombay dalam minyak wijen sampai harum. Tumis Cumi Cabai Hijau ini dapat dengan mudah dan cepat tersaji di meja makan.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat cumi asin cabe hijau hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close