Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Menghidangkan Asinan Buah Bogor Kekinian

Ingin bikin asinan buah bogor yang enak? Gak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep asinan buah bogor terbaik! asinan buah bogor merupakan satu dari sekian banyak menu makanan yang paling digemari. Yuk, waktunya untuk membuatnya sendiri di rumah!

Asinan Buah Bogor

Kebanyakan orang takut mulai memasak asinan buah bogor karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari asinan buah bogor! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan berbagai bumbu supaya makanan yang dibuat terasa enak. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

It's really easy to make and you can use any fruits that you like. In this recipe, I substituted the chili pepper for scotch bonnet pepper. Resep asinan buah paling segar dan nikmat yakni asinan buah khas bogor.

Teman-teman dapat memasak asinan buah bogor hanya dengan menggunakan 19 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin asinan buah bogor yuk!

Untuk menyiapkan Asinan Buah Bogor, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 4 bh of kedondong, potong potong.
  2. Siapkan 1 buah of nanas, potong potong.
  3. Dibutuhkan 1 buah of bengkoang, potong potong.
  4. Siapkan 250 gr of mangga mengkel, potong potong.
  5. Diperlukan 100 gr of pepaya mengkel, potong potong.
  6. Dibutuhkan 150 gr of ubi merah, potong potong (aku ngak pake).
  7. Diperlukan 100 gr of jambu air merah, potong potong (aku ganti salak).
  8. Siapkan 2 buah of timun, buang tengahnya, potong potong.
  9. Dibutuhkan of Sirup gula.
  10. Siapkan 500 ml of air.
  11. Ambil 100 gr of gula pasir.
  12. Diperlukan of Bahan kuah.
  13. Gunakan 1 ltr of air.
  14. Diperlukan 5 buah of cabai merah keriting.
  15. Ambil 5 buah of cabai rawit merah.
  16. Gunakan 150 gr of gula pasir.
  17. Diperlukan 1 sdt of garam.
  18. Dibutuhkan 1 sdt of ebi, seduh, sangrai.
  19. Diperlukan 7 sdt of cuka (aku pake cuka aren sukabumi).

Dengan bumbu bumbu sederhana maka bunda dapat membuat asinan yang rasanya sangat menyegarkan. Kota Bogor sangat terkenal dengan asinannya yang populer disebut Asinan Bogor. Kuah dari asinan bogor yang sangat khas biasanya berwarna merah, pedas, dan serta asam. Dua cara paling populer membuat asinan dengan kuah pedas adalah resep asinan buah khas Bogor dan asinan Betawi, kedua jenis asinan paling enak tersebut terdiri dari aneka bahan buah atau sayur.

Proses menyiapkan Asinan Buah Bogor:

  1. Sirup gula : rebus air dan gula pasir sampai larut.. dinginkan.. kemudian tuangkan kedondong dan mangga.. (yang sudah diremas remas dengan garam sampai layu...) biarkan sampai meresap.
  2. Kuah : haluskan semua cabai, gula pasir, garam dab ebi... masukkan air dan cuka.. aduk rata.. (saya masak lagi di atas kompor sd mendidih) dinginkan....
  3. Setelah kuah dingin.. tuangkan ke dalam buah buahan yang telah diaduk jadi satu.
  4. Untuk penyajian...taburkan kacang tanah yang telah digoreng.
Asinan buah khas Bogor berisi nanas, kedondong, mangga, dan lainnya. Kali ini, kamu bisa coba bikin asinan buah khas Bogor. Buah yang dipakai gampang dicari dan cara membuatnya mudah. Asinan buah khas Bogor ini biasanya disajikan dalam bentuk seperti sop buah. Tapi, bedanya, kuah yang disajikan memiliki rasa edas, asin, dan asam dalam sekali seruput.

Selamat mencoba resep asinan buah bogor! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close