Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghidangkan Palai ikan asin balado yang Enak!

Ingin membuat palai ikan asin balado yang lezat? Gak perlu pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep palai ikan asin balado terbaik! Makanan palai ikan asin balado ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak sulit dibuat.

Palai ikan asin balado

Kebanyakan orang malas mulai memasak palai ikan asin balado karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari palai ikan asin balado! Mulai dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, kualitas bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Dalam satu hari Kartini Palai sendiri merupakan makanan khas minangkabau dengan bahan utama parutan kelapa. Untuk memperkuat rasa , palai di campur dengan beragam. Supaya ikan asin goreng atau ikan asin balado renyah dan enak, sebaiknya bunda tidak menggunakan bawang merah dan juga tidak mencantumkan tomat dalam resepnya.

Cara membuatnya pun cukup mudah, teman-teman dapat menyiapkan palai ikan asin balado hanya dengan menggunakan 12 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin palai ikan asin balado yuk!

Untuk menghidangkan Palai ikan asin balado, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 2 ekor of ikan asin yang terbuat dari ikan gambolo/ikan kembung.
  2. Diperlukan 25 buah of cabe merah /optional ya.. Sesuai selera pedas kamu.
  3. Gunakan 6 buah of bawang merah.
  4. Sediakan 3 siung of bawang putih.
  5. Gunakan 1/2 ruas jari of jahe.
  6. Siapkan 1 buah of tomat.
  7. Gunakan 1/2 bagian of jeruk nipis.
  8. Siapkan secukupnya of Garam.
  9. Gunakan 4 tangkai of Daun ruku2.
  10. Dibutuhkan 1 lembar of daun jeruk.
  11. Gunakan 1 lembar of daun kunyit.
  12. Gunakan Secukup of ny daun pisang.

Cukup menggunakan cabe merah dan bawang putih sudah cukup dan enak rasanya lho. Cara mengolah ikan asin juga mudah dan nggak ribet. Hanya perlu bumbu-bumbu sederhana yang ada di dapur, kamu sudah bisa menyulap ikan asinmu menjadi makanan maknyus. Selain itu juga kamu bisa mengkombinasikan ikan asin dengan berbagai sayuran segar yang penuh dengan gizi.

Proses menghidangkan Palai ikan asin balado:

  1. Bersihkan kotoran ikan ny beserta insangnya.. Karna biasanya.. Yg di jadiin ikan asin sebelum di jemur gk di bersihin dulu kotoran nya...
  2. Haluskan cabe. Bawang merah. Bawang putih dan jahe serta garam.
  3. Potong2 ikan campurkan ke bumbu halus.. Tambahkan potongan tomat dan perasan jeruk nipis.
  4. Panaskan daun pisang sebentar di atas api.. Smpai daun mudah di bentuk/sedikit layu..lalu lap dg kain bersih.
  5. Tata ikan yang telah di bumbui di atas daun pisang tambahkan daun ruku2 daun jeruk dan daun kunyit.. Lalu bngkus.
  6. Panggang di atas bara hingga matang..jangan lupa di bolak balik ya biar msak nya rata.
  7. Siap di nikmati dg nasi hangat.. Kalau kata org minang.. "lamak bana"😂😅.
Ikan balado merupakan ikan yang dimasak dengan bumbu balado berisi cabe, tomat, jeruk nipis, bawang merah Tentunya kamu sering memakan keripik balado ini kan walaupun tidak sedang berada di Padang? Palai rinuak jika diartikan dalam bahasa Indonesia artinya adalah pepes ikan. Tak hanya dikukus, ikan rinuak juga kerap dijumpai dengan bumbu balado maupun digoreng kering. Jika Anda menemukan olahan palai rinuak di luar Maninjau, pastikan dulu apakah itu ikan rinuak atau teri. Masyarakat setempat biasanya mengolah pensi dengan bumbu bercitarasa pedas dan asin.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat palai ikan asin balado hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close