Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Cumi Asin Sambal Ijo Anti Ribet!

Ingin tau rahasia masak cumi asin sambal ijo yang lezat? Gak perlu ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep cumi asin sambal ijo terbaik! cumi asin sambal ijo, hidangan gampang dan cepat untuk dibuat. Cocok untuk disajikan kapan saja untuk orang tercinta.

Cumi Asin Sambal Ijo

Banyak orang takut mulai memasak cumi asin sambal ijo karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari cumi asin sambal ijo! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi bersih. Selanjutnya, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Supaya lebih jelas, berikut ini salah satu dari aneka resep cumi asin pedas dengan paduan sambal ijo yang bisa dicoba. Dihidangkan dengan cumi yang kenyal ditambah dengan sambal ijo pedas, pasti membuat makan malam makin berselera. Berikut resep sambal cumi asin cabe ijo, yang dilansir TribunStyle dari akun Instagram @berbagiresep.

Sobat dapat menghidangkan cumi asin sambal ijo hanya dengan menggunakan 9 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep cumi asin sambal ijo!

Untuk menyiapkan Cumi Asin Sambal Ijo, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Siapkan 100 gram of cumi asin baby yg ukuran kecil.
  2. Gunakan 1/2 of bawang bombay cincang.
  3. Dibutuhkan 1 buah of tomat ukuran besar.
  4. Diperlukan 100 gram of cabe hijau.
  5. Gunakan 9 buah of rawit merah atau disesuaikan selera.
  6. Diperlukan 12 siung of bawang merah.
  7. Diperlukan 4 siung of bawang putih.
  8. Diperlukan 1 sdm of gula pasir.
  9. Gunakan 1/2 sdm of kaldu jamur.

Cumi asin akan semakin lezat jika diolah pedas. Olahan cumi asin cabai hijau adalah salah satunya. Rasa asin gurih dari cumi asin bercampur dengan pedasnya cabai hijau benar-benar bikin ketagihan saat dicampur dengan nasi panas. Cumi Sambal Segar Manis Asing Pedas Mantap Gila.

Cara menghidangkan Cumi Asin Sambal Ijo:

  1. Rebus sebentar cumi di air yg mendidih untuk membunuh kuman dan agar cumi tidak telalu asin. Lalu cuci dan bilas.
  2. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabe hijau dan rawit merah. Panaskan wajan dan masukkan minyak secukupnya tumis bawang bombay dan bumbu halus hingga bumbu matang warna cabai berubah jadi lebih tua. Masukkan tomat ug sudah dipotong2 beri air sedikit masak hingga tomat hancur dan halus.
  3. Masukkan cumi lalu masak hingga bumbu meresap beri kaldu jamur dan gula pasir. Lalu aduk masak sebentar dan hidangkan.
Rasa gurih cumi-cumi akan semakin bertambah nikmat jika menggunakan cumi asin. Apalagi jika diolah menjadi resep cumi asin cabe ijo plus petai, dengan nasi hangat dan tambahan aneka sambal. Cumi pun bisa dimasak polosan tanpa variasi bumbu yang beraneka. Cumi atau cumi asin adalah salah satu makanan laut yang menjadi favorit keluarga Indonesia sebagai teman makan. Banyak cara untuk mengolahnya, salah satunya ialah dengan membuatnya sebagai sambal.

Ternyata tidak sulit, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat cumi asin sambal ijo. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close