Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sambal cumi asin Anti Ribet!

Coba resep sambal cumi asin sebagai sajian istimewa hari ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Satu lagi menu makanan yang bakal bikin meja makan semakin meriah - sambal cumi asin! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Sambal cumi asin

Banyak orang sudah menyerah duluan sambal cumi asin karena takut hasil masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari sambal cumi asin! Pertama dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Cumi asin termasuk bahan makanan yang terhitung paling awet dari cumi lainnya karena diberi garam sebagai pengawet alami. Sambal cumi asin pete. foto: Instagram/@pandai_memasak. Campurkan pete dan cumi bisa jadi pelengkap makan paling nikmat nih.

Teman-teman dapat menyiapkan sambal cumi asin hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin sambal cumi asin yuk!

Untuk menghidangkan Sambal cumi asin, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil 1/4 kg of asin cumi.
  2. Ambil of Bumbu halus.
  3. Dibutuhkan 2 buah of cabe merah(bsa di tambah kalo kurang).
  4. Siapkan 3 siung of bawang merah.
  5. Siapkan 2 siung of bawang putih.
  6. Dibutuhkan of Kemiri.
  7. Diperlukan of Pelengkap.
  8. Ambil of Kaldu bubuk.
  9. Sediakan of Lada bubuk.
  10. Dibutuhkan of Kecap manis.
  11. Ambil of Gula merah.
  12. Sediakan of Daun jeruk.
  13. Sediakan of Air secukup nya.

Sambal cumi asin ini cocok disantap kapan saja. Cuci bersih cumi, rendam cumi dengan air mendidih, tutup wadah, biarkan sampai air rendaman. Fimela.com, Jakarta Daripada beli sambal cumi di luar, sebenarnya bisa membuat sendiri tumis sambal cumi di rumah untuk lauk Rebus sebentar cumi untuk mengurangi asin dan amisnya. Beli Aneka Sambal Dengan Pilihan Terlengkap dan Harga Termurah.

Proses menyiapkan Sambal cumi asin:

  1. Rendam cumi pakai air panas -+ 15 menit atau sampai air nya dingin setelah itu cuci cumi sampai bersih..tiriskan.
  2. Panaskan minyak secukup nya,tumis cumi sebentar -+5 menit,jngn lupa di tutup ya agar tdk meletup...
  3. Sambil,menunggu cumi haluskan bumbu halus,sisihkan...
  4. Matikan api lalu angkat cumi yg sdh d tumis td,nyalakan kembali api kemudian masukan bumbu halus nya sampai harum,kemudian masukan daun jeruk,gula,kaldu bubuk,lada bubuk dan kecap aduk2 lalu tuang air secukup nya masukan cumi yg sudah d tumis td,,masak sampai air nya menyusut...
  5. Angkat dan sajikan...
Belanja Produk Aneka Sambal Aman dan Nyaman di Tokopedia. Salah satunya bisa dijadikan cumi asin sambal goreng. Selain enak, hidangan cumi juga merupakan makanan yang sehat. Sehingga hidangan cumi sangat cocok dijadikan menu sehari-hari. Sambel ini merupakan sambal yang bikin kamu kebayang terus karena harum nya dari Sambel Hijau dan nikmat nya Ikan asin Goreng.

Mudah bukan membuat sambal cumi asin? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close