Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Membuat Cumi Asin Sambal Matah Anti Gagal!

Sedang mencari resep cumi asin sambal matah yang paling lezat? Tidak usah pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep cumi asin sambal matah terbaik! Satu lagi sajian yang bisa membuat meja makan semakin meriah - cumi asin sambal matah! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Cumi Asin Sambal Matah

Banyak orang malas mulai memasak cumi asin sambal matah karena takut hasil masakannya tidak enak. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari cumi asin sambal matah! Pertama dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, kualitas bahan yang dipakai juga berpengaruh menambah cita rasa, oleh karena itu sebaiknya gunakan bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

So Sambal Matah is just one of a gazillion spicy condiments, salsas and chilli pastes found in South East Asia. It is raw and reminds me of the Mexican Pico de Gallo or Salsa Fresca. Menyantap cumi asin ditambah sambal ijo memang paling pas, apalagi keduanya dicampur menjadi satu hidangan.

Cara membuatnya pun tidak susah, sobat dapat menyiapkan cumi asin sambal matah hanya dengan menggunakan 7 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep cumi asin sambal matah!

Untuk memasak Cumi Asin Sambal Matah, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Sediakan 100 gram of cumi asin.
  2. Ambil 12 siung of bawang merah.
  3. Siapkan 17 of cabe rawit / cabe setan.
  4. Diperlukan 9 lembar of daun jeruk.
  5. Sediakan 2 batang of sereh.
  6. Sediakan 2 buah of jeruk limau.
  7. Dibutuhkan Secukupnya of kaldu bubuk, garam.

Dilansir dari akun instagram @berbagiresep, berikut ini bahan-bahan dan cara membuat cumi asin sambal ijo. Nikmat disantap dengan menu lainnya, seperti sayur asem, lalapan, dan pete. Make this delicious and famous sambal matah from the island of Bali that goes perfectly with your meat or seafood dishes. Many people do not know about or hear of Indonesia, but they sure know Bali 🙂 sambal matah is made with all raw ingredients.

Cara membuat Cumi Asin Sambal Matah:

  1. Siapkan bahan..
  2. Cuci bersih cumi asin, rendam air panas 15 menit. Lalu cuci kembali dan rebus dengan air mendidih selama kurang lebih 3 menit. Potong² cumi asin. Sisihkan..
  3. Iris² bawang, cabe, sereh dan daun jeruk (untuk daun jeruk saya gunting² biar mudah)..
  4. Panaskan minyak goreng, masukan irisan bawang, cabe, sereh dan daun jeruk. Tambahkan garam, kaldu bubuk secukupnya, lalu cek rasa (Jangan terlalu asin, karena cuminya sudah asin), berikan perasan jeruk limau aduk rata. Tumis selama 20 detik. FYI, biasanya sambal matah disiram minyak panas, tapi disini aku tumis sebentar agar semuanya merata..
  5. Tata cumi asin di piring, siram dengan sambal matah. Enjoy!.
Sambal matah cocok disajikan sebagai pelengkap menu makan Anda. Tak perlu membelinya, yuk coba variasi resep sambal matah berikut ini. Pada dasarnya sambal matah memiliki bahan dan cita rasa yang mirip. Namun, ada beberapa resep sambal matah yang bisa Anda coba masak di rumah. Cumi atau cumi asin adalah salah satu makanan laut yang menjadi favorit keluarga Indonesia sebagai teman makan.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat cumi asin sambal matah hari ini! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close