Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sambel bawang ikan peda yang Enak!

Coba resep sambel bawang ikan peda sebagai menu istimewa hari ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Sajian sambel bawang ikan peda ini pas untuk momen-momen spesial. Lezat dan tidak susah dibuat.

Sambel bawang ikan peda

Pada umumnya orang tidak berani memasak sambel bawang ikan peda karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari sambel bawang ikan peda! Mulai dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain kualitas peralatan memasak, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Sambal Ikan Peda Pedas Mama Kimo. Katanya Mertua bisa menjadi sangat pedas dan menyakitkan. namun sepedas apapun mertua, jelas lebih pedas Sambal bawang cap mertua ini. menggunakan kombinasi dari segala macam kepedasan mertua ditambah. Sambal Bawang adalah sambal yang pertama kali saya kenal selain sambal terasi kampung.

Cara membuatnya pun cukup mudah, sobat dapat menyiapkan sambel bawang ikan peda hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin sambel bawang ikan peda yuk!

Untuk menyiapkan Sambel bawang ikan peda, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Siapkan 2 ikat of bawang daun (bawang merah).
  2. Sediakan 5 batang of bawang prei.
  3. Sediakan 2 of prongkol bawang putih.
  4. Sediakan 20 biji of cabe hijau.
  5. Dibutuhkan 7 of ikan peda ukuran kecil.
  6. Dibutuhkan 4 sdm of kecap.
  7. Ambil 1 of saori (saus tiram).
  8. Sediakan 2 sdt of kaldu jamur.
  9. Sediakan 1 sdt of gula.
  10. Dibutuhkan 1/2 sdt of garam.

Sambal ini asik banget bisa dibikin apa aja. Bikin sambel terasi, bikin balado, bikin sambel bajak, sambel cibiuk, tempoyak. Sambel yang diolah dengan ikan peda yang terkenal asin jadi dalam pembuatan sambelnya tidak perlu lagi ditambahkan garam. Buat nasi goreng pake sambel bawang peda Mantappppp.

Proses membuat Sambel bawang ikan peda:

  1. Cuci bersih ikan peda kemudian goreng (dicuci agar tidak trlalu asin).
  2. Cuci bersih semua bawang, dan iris tipis bawang, kemudia iris2 juga cabai hijau (sesuai selera.
  3. Goreng dengan sedikit minyak sampai bawang layu dan harum, kemudia masukkan bumbu sepeti garam gula totole kecap dan saori, setelah itu campurkan dengan ikan peda yg sdh digoreng tadi.
  4. Sambel bawang ikan peda siap dinikmati.
Sambal peda atau yang terbuat dari ikan asin memang memiliki rasa khas yang nikmat. Panaskan minyak, Tumis cabai hijau besar, cabai hijau keriting, cabai rawit hijau, tomat, bawang. Lebih disarankan memakai bawang merah lokal supaya hasilnya lebih enak dan harum Bisa ditambahkan kalau dirasa terlalu pedas. Sambal ikan peda maknyus dan simple dalam satu wadah saja. Sambal ijo ikan gabus yang pedas siap disajikan.

Mudah bukan membuat sambel bawang ikan peda? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close