Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Menghidangkan Kerupuk telur asin Anti Ribet!

Bosan dengan hidangan yang itu-itu aja? Kamu perlu coba resep kerupuk telur asin ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! Hadirkan kerupuk telur asin untuk agenda masak akhir pekan ini. Sajian ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Kerupuk telur asin

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan kerupuk telur asin karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari kerupuk telur asin! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, agar rasa makanan kuat tentu saja harus menggunakan berbagai bumbu supaya masakan yang dibuat terasa lezat. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Ikan kerupuk dengan tingkat keasinan yang sangat rendah (bisa dibilang tawar krn penggunakan garam yang. Olah saja jadi pepes penuh bumbu rempah, yang pasti akan semakin mantap dan menggoyang lidah. Telur asin adalah istilah umum untuk makanan berbahan dasar telur yang diawetkan dengan cara diasinkan.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kawan-kawan dapat memasak kerupuk telur asin hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep kerupuk telur asin!

Untuk menyiapkan Kerupuk telur asin, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan of Bahan putih telur :.
  2. Gunakan 5 btr of putih telur asin.
  3. Siapkan 250 gr of tapioka/kanji.
  4. Gunakan 2 sdm of terigu.
  5. Siapkan 120 ml of air panas.
  6. Dibutuhkan of Bahan kuning telur :.
  7. Ambil 5 btr of kuning telur asin.
  8. Ambil 250 gr of tapioka/kanji.
  9. Ambil 2 sdm of terigu.
  10. Gunakan 120 ml of air panas.
  11. Diperlukan of Bumbu halus (bagi jadi 2) :.
  12. Dibutuhkan 10 siung of bawang putih.
  13. Gunakan 2 sdm of ketumbar.
  14. Gunakan 20 btr of merica.
  15. Siapkan 1 sdm of garam.
  16. Siapkan 2 btr of kemiri.

Bahan baku utama yang gunakan biasanya adalah telur itik atau telur bebek. SAYA pengusaha telur asin yg baru berkembang,membutuhkan suplier telur bebek fresh dg kuning telur yg berwarna orange(agak merah). dan tentu saya cari suplier dg harga yg bersaing. Kerupuk mana nih yang paling setia menemani makanmu? Nah, ikan asin tersebut juga sedap dibuat ke dalam varian kerupuk, alias kerupuk ikan asin.

Langkah-langkah menyiapkan Kerupuk telur asin:

  1. Pisahkan antara kuning dan putih telur,lalu haluskan..
  2. Campur semua bahan putih dengan 1/2 bagian bumbu halus,aduk rata.masukkan sedikit demi sedikit air sambil diaduk sampai kalis dan bisa dibentuk.lakukan dengan cara sama untuk bahan kuning..
  3. Bagi adonan putih dan kuning jadi beberapa bagian sama rata (ukuran sesuai selera). Pipihkan adonan putih diatas daun pisang (sebelumnya daun dijemur dulu),lalu masukkan adonan kuning (bentuk lonjong memanjang).gulung,ratakan,sematkan dengan lidi..
  4. Kukus selama 1 jam (kukusan sebelumnya dipanaskan dulu).angkat dan biarkan sampai dingin (saya diamkan semalaman,masukkan kulkas)..
  5. Potong tipis-tipis lalu jemur sampai kering..
  6. Panaskan minyak dengan api sedang lalu goreng hingga matang.angkat dan tiriskan.siap disimpan ditoples untuk stok cemilan😁.
Selesai dengan telur kemudian silahkan rendam kerupuk dalam sebuah wadah dan tuangkan air dingin kedalamnya. Penggunaan air dingin akan membuat kerupuk aci menjadi lebih mengembang. Telur asin, makanan ini mudah sekali kita temui di Indonesia. Namun, pernahkan kamu berpikir bagaimana telur bebek bisa berubah menjadi telur yang rasanya asin? Telur asin adalah telur yang telah mengalami proses pengawetan dengan menggunakan garam sehingga mampu bertahan lama.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat kerupuk telur asin hari ini! Kalau resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close