Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghidangkan Pucuk Ubi Tumbuk Ikan Asin yang Enak!

Coba resep pucuk ubi tumbuk ikan asin sebagai sajian istimewa akhir pekan ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! pucuk ubi tumbuk ikan asin cocok untuk dipadukan dengan berbagai hidangan lainnya untuk membuat pengalaman bersantap semakin meriah.

Pucuk Ubi Tumbuk Ikan Asin

Sebagian Besar orang sudah menyerah duluan pucuk ubi tumbuk ikan asin karena takut masakan yang dihasilkan tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari pucuk ubi tumbuk ikan asin! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik. Selain kualitas peralatan memasak, jenis bahan yang digunakan juga berpengaruh menambah cita rasa, maka dari itu sebaiknya gunakan bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Cara membuatnya pun tidak susah, sobat dapat menghidangkan pucuk ubi tumbuk ikan asin hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin pucuk ubi tumbuk ikan asin yuk!

Untuk memasak Pucuk Ubi Tumbuk Ikan Asin, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Siapkan 1/2 ikat of daun ubi.
  2. Sediakan 18 biji of cabe rawit.
  3. Ambil 6 siung of bawang merah.
  4. Sediakan 2 siung of bawang putih.
  5. Dibutuhkan 1 batang of serai.
  6. Gunakan 2 lembar of daun salam.
  7. Gunakan 2 ekor of ikan asin laut.
  8. Dibutuhkan 1/4 kg of santan.
  9. Diperlukan Secukupnya of garam.
  10. Diperlukan 1 ruas of lengkuas.
  11. Diperlukan 1 sdt of ketumbar.
  12. Gunakan 1 gelas of air hangat.
  13. Dibutuhkan Segenggam of rimbang.

Langkah-langkah menyiapkan Pucuk Ubi Tumbuk Ikan Asin:

  1. Potong ikan asin jadi beberapa bagian. Rendam dg air hangat..
  2. Ambil daun ubi. Cuci bersih dg rimbang. Tumbuk dg gilingan cabe. Jangan terlalu hancur ya. Kemudian masukkan rimbang. Geprek kasar rimbang diatas daun ubi..
  3. Blender bawang dan cabe. Siapkan dg serai dan lengkuas..
  4. Campurkan bumbu dg daun ubi. Nyalakan kompor. Masukkan bumbu giling,serai,lengkuas,santan, dan daun ubi serta bumbu bersamaan. Tambahkan daun salam..
  5. Kemudian masukkan ikan asin yg sudah ditiriskan dr air hangat. Aduk rata. Tambahkan garam. Tes rasa. Terus aduk jangan sampai pecah santan ya. Biarkan masak dg api kecil sampai kuah santan agak menyusut dan daun ubi berubah warna..

Ternyata cukup mudah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat pucuk ubi tumbuk ikan asin. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close