Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Gampang Menyiapkan 17. Ayam Saus Telur Asin Untuk Pemula!

Coba resep 17. ayam saus telur asin sebagai hidangan istimewa hari ini. Dijamin kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hadirkan 17. ayam saus telur asin untuk agenda masak akhir pekan ini. Makanan ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

17. Ayam Saus Telur Asin

Pada umumnya orang sudah minder duluan 17. ayam saus telur asin karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari 17. ayam saus telur asin! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selanjutnya, agar cita rasa makanan kuat tentu saja harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dibikin terasa lezat. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Sobat dapat menghidangkan 17. ayam saus telur asin hanya dengan menggunakan 17 bahan dan 8 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin 17. ayam saus telur asin yuk!

Untuk menyiapkan 17. Ayam Saus Telur Asin, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang diperlukan sebagai berikut:

  1. Sediakan 200 gr of fillet daging ayam, potong kotak kecil sekitar +- 3cm.
  2. Sediakan 3/4 sdt of garam.
  3. Ambil 3 siung of bawang putih, iris.
  4. Ambil 3 buah of cabai rawit merah, iris.
  5. Diperlukan 1 butir of telur ayam.
  6. Siapkan 100 gr of / 10 sdm tepung terigu protein sedang (Aku pakai ΔBiru).
  7. Diperlukan 300 ml of minyak sayur untuk menggoreng.
  8. Sediakan of 🥚Bahan Saus Telur Asin🥚.
  9. Diperlukan 4 of kuning telur asin matang, dilumatkan.
  10. Diperlukan 2 sdm of susu full cream.
  11. Ambil 2 siung of bawang putih, geprek lalu rajang.
  12. Dibutuhkan 1 sdm of mentega (aku pakai merk Amanda).
  13. Siapkan 5 lembar of daun kari (daun salam koja).
  14. Sediakan 1/2 sdt of garam.
  15. Gunakan 1 sdt of lada.
  16. Ambil 1/2 sdt of kaldu bubuk.
  17. Gunakan 3 sdm of air dingin +-.

Proses memasak 17. Ayam Saus Telur Asin:

  1. Lumuri ayam dengan garam..
  2. Lapisi ayam dengan tepung terigu, lalu celup ke telur dan lapisi lagi dengan tepung. Goreng ayam hingga matang (kecokelatan). Angkat dan tiriskan..
  3. 🥚Cara Membuat Saus Telur Asin 🥚 (poin 4, 5, 6).
  4. Tumis Bumbu Sampai Harum : Tumis bawang putih dan mentega sampai harum. Lalu masukkan daun kari. Daun kari ini bisa memberi aroma khas dan mengatasi bau amis telur asin. Taburkan garam, lada, dan kaldu bubuk. Aduk sampai rata..
  5. Masak Hingga Berbusa : Setelah bumbu tumisan harum, baru masukkan kuning telur asin yang sudah dilumatkan. Masak dengan api kecil, aduk terus hingga berbusa. Nanti teksturnya akan lebih lembut dan creamy..
  6. Tuangkan Susu Full Cream : Ini dia kunci untuk membuat tekstur saus telur asin lebih creamy. Tambahkan susu full cream, aduk rata. Di sini kita bisa menyesuaikan kekentalan teksturnya. Kalau ingin lebih creamy, bisa ditambahkan susu full cream lagi. Kalau dirasa terlalu kental, bisa ditambahkan sedikit air sambil terus diaduk..
  7. Panaskan margarin di dalam wajan. Tumis bawang putih dan cabai rawit. Masukkan Saus Telur Asin, aduk hingga berbusa. Matikan api. Kemudian masukkan ayam yang telah digoreng, lalu aduk rata. Sajikan segera.
  8. Untuk foto hasil akhir Saus Telur Asin nya menyusul yaahh.. Nanti di resep aku yang selanjutnya. Maaf tidak sempat foto langkah-langkah membuatnya 😊.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat 17. ayam saus telur asin hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close