Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sambel Cumi Asin Untuk Pemula!

Perlu hidangan praktis untuk hari ini? Resep sambel cumi asin ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! sambel cumi asin, makanan mudah dan cepat untuk dibuat. Cocok untuk disajikan kapan saja untuk orang tercinta.

Sambel Cumi Asin

Banyak orang sudah minder duluan sambel cumi asin karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari sambel cumi asin! Mulai dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih fresh.. Kemudian, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Cara membuatnya pun cukup mudah, kawan-kawan dapat menyiapkan sambel cumi asin hanya dengan menggunakan 10 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep sambel cumi asin!

Untuk membuat Sambel Cumi Asin, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Siapkan 1 ons of cumi asin.
  2. Diperlukan 20 bh of Cabe merah.
  3. Diperlukan 20 bh of Cabe rawit (atau cabe setan).
  4. Diperlukan 10 bh of Bawang merah.
  5. Diperlukan 4 bh of Bawang putih (besar).
  6. Dibutuhkan 1/2 bh of Tomat.
  7. Siapkan 1 sdt of Gula.
  8. Dibutuhkan 1 sdt of Garam.
  9. Ambil 5 helai of Daun jeruk (boleh remet dulu).
  10. Sediakan of Minyak goreng.

Proses menghidangkan Sambel Cumi Asin:

  1. Siapkan cumi asin dan potong* kecil sesuai selera, cuci bersih lalu rendam air panas (20/30 menit sambil menyiapkan sambal ulek) setelah di cuci rendam, tiriskan. Siapkan minyak dan goreng hingga matang (sedikit lama agar bisa tahan beberapa hari).
  2. Sementara cumi asin direndam, utk membuat sambal saya pilih bahan cabe dan bawang yg bagus, lalu cuci bersih dan biarkan kering dahulu (tidak basah). Goreng bersamaan/pisah bawang dan cabe, tomat. Setelah di goreng matang, beri garam gula, dan ulek hingga jd sambel halus kasar..
  3. Setelah sambel ulek selesai, panaskan minyak kembali lalu tumis sambel dan beri daun jeruk, biarkan agak lama. Lalu masukkan cumi asin yg sudah di goreng, biarkan hingga matang sempurna. Setelah selesai biarkan dingin baru bisa di masukkan ke dalam toples. Siap utk disimpan buat bbrpa hari kedepan..
  4. Note: saya masak 1ons langsung habis 3 hari. Jd slama 3 hari sambel masih enak dimakan..

Mudah bukan membuat sambel cumi asin? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close