Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Cumi Asin Sambal Ijo Anti Gagal!

Bosan sama menu makanan yang itu-itu aja? Kamu perlu coba resep cumi asin sambal ijo ini, mungkin bisa jadi pilihan paling tepat! Perkaya koleksi resepmu dengan cumi asin sambal ijo! Hidangan spesial untuk hari ini. Selamat mencoba resepnya!

Cumi Asin Sambal Ijo

Pada umumnya orang sudah minder duluan cumi asin sambal ijo karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari cumi asin sambal ijo! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Kemudian, jenis bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu gunakan bahan yang masih fresh.. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Supaya lebih jelas, berikut ini salah satu dari aneka resep cumi asin pedas dengan paduan sambal ijo yang bisa dicoba. Dihidangkan dengan cumi yang kenyal ditambah dengan sambal ijo pedas, pasti membuat makan malam makin berselera. Berikut resep sambal cumi asin cabe ijo, yang dilansir TribunStyle dari akun Instagram @berbagiresep.

Kalian dapat menyiapkan cumi asin sambal ijo hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep cumi asin sambal ijo!

Untuk membuat Cumi Asin Sambal Ijo, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Sediakan 500 gr of cumi asin.
  2. Dibutuhkan 8-10 buah of Cabai hijau.
  3. Siapkan 10 buah of Cabe rawit hijau.
  4. Siapkan of Tomat hijau 2 buah (bisa digantikan dengan jeruk nipis).
  5. Gunakan secukupnya of Gula pasir.
  6. Gunakan of Kaldu jamur/penyedap rasa.
  7. Diperlukan 3 lembar of daun salam.
  8. Dibutuhkan 4 lembar of daun jeruk purut.
  9. Gunakan 1 ruas of lengkuas.
  10. Ambil 1 ruas of sereh.
  11. Gunakan secukupnya of Minyak goreng.
  12. Sediakan 3 of bawang putih.
  13. Sediakan 5 of bawang merah.

Cumi asin akan semakin lezat jika diolah pedas. Olahan cumi asin cabai hijau adalah salah satunya. Rasa asin gurih dari cumi asin bercampur dengan pedasnya cabai hijau benar-benar bikin ketagihan saat dicampur dengan nasi panas. Cumi Sambal Segar Manis Asing Pedas Mantap Gila.

Proses menghidangkan Cumi Asin Sambal Ijo:

  1. Rebus cabai, bawang merah, bawang putih. Setelah lunak, angkat, tiriskan lalu diuleg bersamaan dengan gula..
  2. Masukkan cumi asin dalam rebusan air mendidih sekitar kurleb 3 menit. Angkat tiriskan, lalu potong-potong..
  3. Tuang minyak panas ke wajan. Masukkan bumbu-bumbu yang telah dihaluskan. Geprak sereh dan lengkuas. Masukkan ke wajan beserta daun salam dan daun jeruk purut..
  4. Jika aroma bumbu sudah menyebar dan bahan mulai agak layu. Masukkan cumi asin yang telah direbus..
  5. Aduk-aduk dengan bumbu. Setelah merata tambahkan sedikit air, agar bumbu meresap pada cumi..
Rasa gurih cumi-cumi akan semakin bertambah nikmat jika menggunakan cumi asin. Apalagi jika diolah menjadi resep cumi asin cabe ijo plus petai, dengan nasi hangat dan tambahan aneka sambal. Cumi pun bisa dimasak polosan tanpa variasi bumbu yang beraneka. Cumi atau cumi asin adalah salah satu makanan laut yang menjadi favorit keluarga Indonesia sebagai teman makan. Banyak cara untuk mengolahnya, salah satunya ialah dengan membuatnya sebagai sambal.

Selamat mencoba resep cumi asin sambal ijo! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close