Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Sambel Cumi Asin Pete Anti Ribet!

Bosan dengan sajian makanan yang itu-itu saja? Kamu perlu coba resep sambel cumi asin pete ini, mungkin bisa jadi pilihan paling cocok! Satu lagi hidangan yang bisa bikin meja makan semakin meriah - sambel cumi asin pete! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Sambel Cumi Asin Pete

Pada umumnya orang sudah minder duluan sambel cumi asin pete karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari sambel cumi asin pete! Mulai dari kualitas alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik. Selain itu, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, maka dari itu selalu pakai bahan yang masih segar.. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi rasa masakan juga lho!

Bagi Anda penyuka pedas dan cumi, berikut ini kami berikan rekomendasi resep sambal cumi pete yang lezat dan menggugah selera. Sambel bawang cumi asin supeer pedes ini pas banget buat temennya nasi liwet. Nggak perlu tambahan lauk lainnya, sebenernya makan nasi liwet.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kalian dapat memasak sambel cumi asin pete hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 7 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, yuk kita coba resep sambel cumi asin pete!

Untuk menghidangkan Sambel Cumi Asin Pete, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan 200 gr of cumi asin, rendam air panas kurleb 30min, bilas, tiriskan.
  2. Sediakan 3 papan of petai, kupas.
  3. Sediakan 1/2 sdt of kaldu bubuk.
  4. Ambil of Garam.
  5. Diperlukan of Gula.
  6. Ambil of Lada bubuk.
  7. Diperlukan of Minyak goreng.
  8. Dibutuhkan of Bumbu.
  9. Gunakan 8 siung of bawang merah.
  10. Diperlukan 5 siung of bawang putih.
  11. Siapkan 15 bh of cabe rawit merah (atau sesuai selera).
  12. Diperlukan 1 ruas of kunyit.
  13. Diperlukan 1 batang of serai geprek.
  14. Diperlukan 2 lbr of daun salam.
  15. Dibutuhkan 4 lbr of daun jeruk diiris tipis.

Cumi asin paling mantap dibikin PEDEUS ENDEUS! Lihat juga resep Sambel pete hoot 🤤 enak lainnya. Si papi paling ga suka cumi, tapi suka banget makanan pedes dan petai, tantangan nih. JAKARTA, KOMPAS.com - Baby cumi atau cumi-cumi asin berukuran kecil sekitar dua sampai tiga sentimeter belakangan jadi bahan Semakin banyak minyak, maka sambal semakin awet.

Langkah-langkah menyiapkan Sambel Cumi Asin Pete:

  1. Uleg semua bumbu sampai halus kecuali serai, daun salam dan daun jeruk. Bisa juga diblender dengan menambahkan minyak untuk mempermudah proses blender..
  2. Tumis bumbu halus dengan minyak yg agak banyak sampai harum..
  3. Masukkan serai, daun jeruk dan daun salam..
  4. Masukkan cumi asin, aduk sampai rata. Masukkan garam, kaldu bubuk, lada dan gula sampai tingkat rasa yg diinginkan..
  5. Masukkan 1 gelas belimbing air, masak dengan api sedang. Biarkan sampai air menyusut dan minyak mulai keluar..
  6. Masukkan petai, aduk sampai rata. Koreksi rasa. Tunggu beberapa saat sampai air habis. Matikan api. Hidangkan..
  7. Tips : agar masakan ini bisa awet utk beberapa hari, berikan minyak yg cukup banyak..
Cara menyimpan Baby Cumi Sambal Pete, gunakan wadah kedap udara. Sambal Pete - Bagaimana Cara Membuat sambal Cumi campaur pete/petai Yang Paling Enak - Untuk menambah koleksi sambal di blog ini, akan kami bagikan kreasi resep sambal yang di jamin mak nyus dan uwwhh.hahh. pedasnya, Yaitu campuran ikan asin. Rendam dulu cumi asin yang akan dimasak menggunakan air hangat, agar tidak terlalu asin. Setelah itu goreng cumi hingga cukup kecoklatan, angkat dan sisihkan. Tumis bumbu ulek kasar bersama serai,daun salam,daun jeruk dan lengkuas.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat sambel cumi asin pete. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close