Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Asinan buah & Es Rujak Anti Gagal!

Lagi pengen coba resep asinan buah & es rujak yang paling lezat? Tidak usah pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep asinan buah & es rujak terbaik! Satu lagi sajian yang bisa bikin meja makan semakin meriah - asinan buah & es rujak! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama orang special!

Asinan buah & Es Rujak

Pada umumnya orang sudah menyerah duluan asinan buah & es rujak karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari asinan buah & es rujak! Mulai dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar rasa makanan semakin enak tentu saja harus memakai berbagai bumbu supaya masakan yang dibikin terasa lezat. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Selain rujak, asinan buah bisa jadi pilihannya. Kamu bisa menggunakan buah apa saja, mulai dari bengkuang, anggur, mangga, salak, nanas hingga kelengkeng. Nah, asinan dari buah-buahan ini punya cita rasa yang khas dan menyegarkan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, sobat dapat membuat asinan buah & es rujak hanya dengan menggunakan 9 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk memasaknya, bikin asinan buah & es rujak yuk!

Untuk menghidangkan Asinan buah & Es Rujak, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Gunakan 1 kg of bengkuang.
  2. Diperlukan 1 kg of kedondong.
  3. Sediakan 3 buah of timun.
  4. Dibutuhkan 15 buah of cabe rawit merah.
  5. Sediakan 6 buah of cabe rawit keriting.
  6. Gunakan 150 gr of gula pasir.
  7. Dibutuhkan 2 bks of asem jawa.
  8. Siapkan 1 liter of air matang.
  9. Siapkan 1 sdm of garam.

Cita rasa manis dan asam buah semakin terasa nikmat dengan dipadukan larutan gula, garam, cuka, asam jawa, dan berbagai bumbu lainnya. Asinan buah ini cocok dinikmati saat santai atau saat cuaca yang panas. Deskripsi tentang asinan buah Indonesia memang terkenal dengan aneka ragam kulinernya. Keanekaragaman ini dikarenakan wilayah Indonesia yang luas dan kebudayaan yang beragam.

Langkah-langkah menyiapkan Asinan buah & Es Rujak:

  1. Siapkan bahan..
  2. Rebus 500ml air, cabe, asam jawa, gula pasir dan garam hingga mendidih dan gula pasir larut. Matikan. Biarkan hingga dingin. Lalu tuang sisa air tadi. Aduk rata dan tes rasa. Sisihkan.
  3. Kupas bengkuang dan kedondong juga potong ujung timun. Cuci bersih. Tiriskan..
  4. Bagi jadi 2 wadah. Wadah satu untuk es rujak, iris buah tipis2. Sisihkan. wadah satunya lagi untuk asinan buah, potong buah tebal2. Sisihkan. Tuang kuah cabe ke dalam masing2 wadah. Saya beri agak banyak untuk es rujak. Air yg dihasilkan agak sedikit tapi nanti setelah didiamkan jadi banyak karena air dari buah2an akan keluar ketika didinginkan..
  5. Untuk es rujak: Ambil plastik es mambo lalu masukkan buahnya terlebih dahulu lalu tuang kuah hingga setengah plastik. Ikat. Lakukan hingga habis. Masukkan ke dalam freezer. Untuk asinan buah bisa langsung masukkan kulkas atau dimasukkan dalam countener plastik/pouch. Sajikan dalam keadaan dingin untuk asinan dan beku untuk es rujak..
Salah satu kuliner favorit Indonesia adalah asinan buah. Resep asinan buah - Makanan khas dari Indonesia memang beragam jenis dan cita rasanya, mulai dari yang gurih sampai yang segar, salah satu makanan yang Asinan buah memang dibuat dari buah serta sayur yang diberi bumbu berupa kuah yang rasanya pedas, gurih, manis, dan juga asin. Asinan buah memiliki sebutan lain yaitu asinan Bogor. Asinan ini memang banyak ditemukan di Bogor, khususnya daerah Cibinong dan kota Bogor. Untuk asinan Bogor ini, buah yang digunakan biasanya adalah mangga muda, jambu air, kedondong, bengkoang, timun, dan nanas.

Mudah bukan membuat asinan buah & es rujak? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close