Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Menyiapkan Asinan Buah Anti Ribet!

Ingin tau rahasia memasak asinan buah yang enak? Tidak usah ragu lagi, disini kami sudah menyiapkan resep asinan buah terbaik! Satu lagi menu makanan yang bakal membuat meja makan semakin meriah - asinan buah! Khusus untuk merayakan yang istimewa bersama seluruh keluarga!

Asinan Buah

Pada umumnya orang tidak berani memasak asinan buah karena takut rasa masakannya tidak sesuai harapan. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari asinan buah! Pertama dari kualitas peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan semakin enak pastinya harus menggunakan banyak bumbu supaya makanan yang dibuat tidak terasa hambar. Selain itu, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap rasa masakan juga lho!

Selain rujak, asinan buah bisa jadi pilihannya. Kamu bisa menggunakan buah apa saja, mulai dari bengkuang, anggur, mangga, salak, nanas hingga kelengkeng. Nah, asinan dari buah-buahan ini punya cita rasa yang khas dan menyegarkan.

Kalian dapat membuat asinan buah hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 6 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep asinan buah!

Untuk memasak Asinan Buah, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang digunakan sebagai berikut:

  1. Siapkan 1 buah of timun.
  2. Gunakan 1 buah of bengkoang.
  3. Dibutuhkan 1/2 buah of nanas.
  4. Gunakan 5 buah of cabe merah.
  5. Diperlukan 3 buah of belimbing wuluh (bisa pake cuka juga).
  6. Dibutuhkan of Air hangat.
  7. Ambil secukupnya of Garam.
  8. Ambil secukupnya of Gula.

Cita rasa manis dan asam buah semakin terasa nikmat dengan dipadukan larutan gula, garam, cuka, asam jawa, dan berbagai bumbu lainnya. Asinan buah ini cocok dinikmati saat santai atau saat cuaca yang panas. Deskripsi tentang asinan buah Indonesia memang terkenal dengan aneka ragam kulinernya. Keanekaragaman ini dikarenakan wilayah Indonesia yang luas dan kebudayaan yang beragam.

Cara memasak Asinan Buah:

  1. Haluskan cabe merah.
  2. Peras belimbing wuluh dan ambil airnya. Kalo tidak ada belimbing wuluh, bisa ganti pakai cuka yaa. Koreksi rasa.
  3. Masukkan semua bahan, kemudian aduk hingga rata.
  4. Lalu masukkan buah dan aduk kembali.
  5. Tunggu beberapa menit hingga bumbu meresap ke buah.
  6. Jika ingin dingin, masukkan ke kulkas. Dan asinan siap dimakan.
Salah satu kuliner favorit Indonesia adalah asinan buah. Resep asinan buah - Makanan khas dari Indonesia memang beragam jenis dan cita rasanya, mulai dari yang gurih sampai yang segar, salah satu makanan yang Asinan buah memang dibuat dari buah serta sayur yang diberi bumbu berupa kuah yang rasanya pedas, gurih, manis, dan juga asin. Asinan buah memiliki sebutan lain yaitu asinan Bogor. Asinan ini memang banyak ditemukan di Bogor, khususnya daerah Cibinong dan kota Bogor. Untuk asinan Bogor ini, buah yang digunakan biasanya adalah mangga muda, jambu air, kedondong, bengkoang, timun, dan nanas.

Mudah bukan membuat asinan buah? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close