Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Tumis Ikan Asin Peda Sambal Kencur Anti Gagal!

Coba resep tumis ikan asin peda sambal kencur sebagai menu istimewa akhir pekan ini. Pasti kamu langsung menobatkannya sebagai masakan favorit! Hadirkan tumis ikan asin peda sambal kencur untuk agenda masak akhir pekan ini. Sajian ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Tumis Ikan Asin Peda Sambal Kencur

Kebanyakan orang takut mulai memasak tumis ikan asin peda sambal kencur karena takut rasa masakannya tidak lezat. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari tumis ikan asin peda sambal kencur! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang berkualitas dan selalu dalam kondisi bersih. Kemudian, agar cita rasa makanan semakin lezat pastinya harus menggunakan berbagai bumbu supaya makanan yang dibikin terasa enak. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Cara membuatnya pun tidak sulit, kamu dapat menghidangkan tumis ikan asin peda sambal kencur hanya dengan menggunakan 15 bahan dan 4 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin tumis ikan asin peda sambal kencur yuk!

Untuk menghidangkan Tumis Ikan Asin Peda Sambal Kencur, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan of Bahan tumis ikan.
  2. Sediakan 3 ekor of ikan asin peda.
  3. Dibutuhkan 1 buah of tomat merah (potong2).
  4. Siapkan 4 siung of bawang merah.
  5. Dibutuhkan 3 siung of bawang putih.
  6. Gunakan 1/4 sendok teh of gula pasir.
  7. Ambil Secukupnya of minyak goreng.
  8. Siapkan 2 buah of jeruk limau (peras airnya).
  9. Ambil Segenggam of daun kemangi (tambahanku, cuci bersih).
  10. Diperlukan of Bahan sambal.
  11. Diperlukan Sesuai selera of cabai.
  12. Sediakan 2 siung of bawang merah.
  13. Siapkan 2 cm of kencur segar.
  14. Siapkan 1/2 sendok teh of garam.
  15. Dibutuhkan 1/4 sendok teh of gula aren / gula pasir.

Proses menyiapkan Tumis Ikan Asin Peda Sambal Kencur:

  1. Rendam ikan asin dengan air panas, sekitar 15 menit, cuci bersih, tiriskan lalu goreng ikan asin sampai matang.
  2. Panaskan minyak goreng, tumis duo bawang hingga harum, lalu masukkan potongan tomat. Tumis hingga tomat sedikit layu..
  3. Lalu masukkan gula pasir (tidak perlu diberi garam karena ikan sudah asin). Cicipi, kalau sudah ok, masukkan daun kemangi. Aduk rata, matikan api. Sisihkan dulu.
  4. Sambal : cuci bersih bahan sambal. Ulek kasar, jangan lupa beri garam dan gula. Lalu kucuri dengan air jeruk limau. Siap disantap dengan ikan asin. Sedap.

Mudah bukan membuat tumis ikan asin peda sambal kencur? Selamat berkreasi di dapur! Apabila resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close