Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Memasak Asinan Buah Anti Gagal!

Perlu menu praktis untuk hari ini? Resep asinan buah ini mungkin bisa menjadi ide menarik untukmu! Hadirkan asinan buah untuk agenda masak akhir pekan ini. Sajian ini bisa kamu kreasikan sendiri di rumah.

Asinan Buah

Kebanyakan orang malas mulai memasak asinan buah karena takut rasa masakannya tidak enak. Ada beberapa hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari asinan buah! Mulai dari jenis alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, agar cita rasa makanan semakin enak tentu saja harus menggunakan berbagai bumbu agar masakan yang dibikin tidak terasa hambar. Selanjutnya, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap langkah-langkah memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Selain rujak, asinan buah bisa jadi pilihannya. Kamu bisa menggunakan buah apa saja, mulai dari bengkuang, anggur, mangga, salak, nanas hingga kelengkeng. Nah, asinan dari buah-buahan ini punya cita rasa yang khas dan menyegarkan.

Cara membuatnya pun tidak susah, kawan-kawan dapat membuat asinan buah hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 3 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin asinan buah yuk!

Untuk membuat Asinan Buah, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Ambil of Isian Asinan.
  2. Sediakan 3 buah of mangga muda/ mengkel (bisa apa aja).
  3. Ambil 2 buah of bengkoang.
  4. Siapkan 2 buah of jambu jamaica.
  5. Diperlukan 1 buah of nanas.
  6. Dibutuhkan 100 gr of Kacang tanah, goreng.
  7. Sediakan of Kuah Asinan.
  8. Ambil 3 buah of cabe merah besar.
  9. Gunakan 5 buah of cabe rawit merah.
  10. Dibutuhkan Secuil of terasi bakar.
  11. Dibutuhkan 750 ml of air.
  12. Siapkan 50 ml of air asam jawa.
  13. Siapkan 3 buah of jeruk nipis, ambil airnya.
  14. Ambil 7 sdm of gula pasir.
  15. Sediakan 2 of bongkel kecil gula jawa.
  16. Diperlukan 1 sdt of garam.

Cita rasa manis dan asam buah semakin terasa nikmat dengan dipadukan larutan gula, garam, cuka, asam jawa, dan berbagai bumbu lainnya. Asinan buah ini cocok dinikmati saat santai atau saat cuaca yang panas. Deskripsi tentang asinan buah Indonesia memang terkenal dengan aneka ragam kulinernya. Keanekaragaman ini dikarenakan wilayah Indonesia yang luas dan kebudayaan yang beragam.

Proses menyiapkan Asinan Buah:

  1. Cuci, kupas & iris semua buah yg bisa dikupas, kecuali jambu. Nanas dibalur garam dulu setelah dikupas, baru cuci. Katanya sih biar ngga gatel..
  2. Rebus air. Sementara itu, haluskan cabe, terasi dgn sedikit air. Blender aja. Trus campur ke dalam rebusan air. Tambahkan gula, garam, gula jawa, air asam. Koreksi rasa. Setelah api mati, baru masukkan air jeruk nipis. Koreksi rasa manisnya lg krn biasanya berkurang kalo ditambah asam..
  3. Masukkan buah ke dalam kuah, tambah kacang goreng. Masukkan wadah tertutup, simpan dalam kulkas. Nikmati selagi dingin..
Salah satu kuliner favorit Indonesia adalah asinan buah. Resep asinan buah - Makanan khas dari Indonesia memang beragam jenis dan cita rasanya, mulai dari yang gurih sampai yang segar, salah satu makanan yang Asinan buah memang dibuat dari buah serta sayur yang diberi bumbu berupa kuah yang rasanya pedas, gurih, manis, dan juga asin. Asinan buah memiliki sebutan lain yaitu asinan Bogor. Asinan ini memang banyak ditemukan di Bogor, khususnya daerah Cibinong dan kota Bogor. Untuk asinan Bogor ini, buah yang digunakan biasanya adalah mangga muda, jambu air, kedondong, bengkoang, timun, dan nanas.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat asinan buah. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close