Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Asinan Buah yang Lezat!

Lagi cari resep asinan buah yang paling enak? Tidak usah pusing lagi, disini kami sudah menyiapkan resep asinan buah terbaik! asinan buah cocok untuk santapan sehari-hari di rumah maupun untuk sajian perayaan hari besar.

Asinan Buah

Pada umumnya orang tidak berani memasak asinan buah karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Ada beberapa hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari asinan buah! Mulai dari jenis peralatan memasak, selalu pastikan untuk menggunakan peralatan memasak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, kualitas bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Selain rujak, asinan buah bisa jadi pilihannya. Kamu bisa menggunakan buah apa saja, mulai dari bengkuang, anggur, mangga, salak, nanas hingga kelengkeng. Nah, asinan dari buah-buahan ini punya cita rasa yang khas dan menyegarkan.

Cara membuatnya pun tidak sulit, kalian dapat menyiapkan asinan buah hanya dengan menggunakan 8 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin asinan buah yuk!

Untuk menyiapkan Asinan Buah, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Diperlukan 1 buah of bengkoang.
  2. Diperlukan 3 buah of salak.
  3. Diperlukan 2 buah of jeruk nagami.
  4. Siapkan 2 buah of jeruk limau.
  5. Dibutuhkan 3 of cabe rawit kecil.
  6. Ambil secukupnya of Garam.
  7. Dibutuhkan secukupnya of Gula.
  8. Siapkan 300-500 ml of air.

Cita rasa manis dan asam buah semakin terasa nikmat dengan dipadukan larutan gula, garam, cuka, asam jawa, dan berbagai bumbu lainnya. Asinan buah ini cocok dinikmati saat santai atau saat cuaca yang panas. Deskripsi tentang asinan buah Indonesia memang terkenal dengan aneka ragam kulinernya. Keanekaragaman ini dikarenakan wilayah Indonesia yang luas dan kebudayaan yang beragam.

Proses menghidangkan Asinan Buah:

  1. Cuci semua bahan setelah dikupas.
  2. Potong buah salak dan bengkoang, lebih enak lagi kalau buahnya komplit yaa, misal jambu air merah, kedondong dan timun hehe. Potong juga cabe dan jeruk. Sebagian saya menggunakan jeruk nagami, karena walaupun asinan disimpan lama, tidak menimbulkan rasa getir karena kulit jeruk nagami memiliki rasa manis 😘.
  3. Campur cabe rawit cincang, gula dan garam sesuai selera, lalu larutkan dengan menggunakan air secukupnya. Boleh juga ditambahkan cincangan cabe merah besar, supaya warna kuah menjadi merah cantik.
  4. Campur menjadi satu untuk buah, lalu tuangkan air campuran bumbu dan aduk.
  5. Setelah selesai, simpan dalam kulkas dan sajikan dalam keadaan dingin. Dijamiin segeerr 😍 Selamat mencoba yaa ♥️.
Salah satu kuliner favorit Indonesia adalah asinan buah. Resep asinan buah - Makanan khas dari Indonesia memang beragam jenis dan cita rasanya, mulai dari yang gurih sampai yang segar, salah satu makanan yang Asinan buah memang dibuat dari buah serta sayur yang diberi bumbu berupa kuah yang rasanya pedas, gurih, manis, dan juga asin. Asinan buah memiliki sebutan lain yaitu asinan Bogor. Asinan ini memang banyak ditemukan di Bogor, khususnya daerah Cibinong dan kota Bogor. Untuk asinan Bogor ini, buah yang digunakan biasanya adalah mangga muda, jambu air, kedondong, bengkoang, timun, dan nanas.

Selamat mencoba resep asinan buah! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman sobat ya.

close