Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rahasia Menyiapkan Asinan buah Kekinian

Ingin tau rahasia bikin asinan buah yang lezat? Tidak usah ragu lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep asinan buah terbaik! asinan buah salah satu makanan dengan rasa berani dan tentunya dijamin nambah lagi.

Asinan buah

Kebanyakan orang malas mulai memasak asinan buah karena takut rasa masakannya tidak lezat. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari asinan buah! Mulai dari jenis peralatan memasak, pastikan selalu untuk menggunakan peralatan memasak yang bermutu dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, agar cita rasa makanan semakin lezat pastinya harus menggunakan banyak bumbu supaya masakan yang dibikin tidak terasa hambar. Dan yang terakhir, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap kegiatan memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru berpengaruh terhadap hasil akhir masakan juga lho!

Selain rujak, asinan buah bisa jadi pilihannya. Kamu bisa menggunakan buah apa saja, mulai dari bengkuang, anggur, mangga, salak, nanas hingga kelengkeng. Nah, asinan dari buah-buahan ini punya cita rasa yang khas dan menyegarkan.

Cara membuatnya pun cukup mudah, kamu dapat memasak asinan buah hanya dengan menggunakan 16 bahan dan 11 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, yuk kita coba resep asinan buah!

Untuk menyiapkan Asinan buah, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Gunakan of kuah :.
  2. Ambil 2.5 lt of air.
  3. Diperlukan 100 gr of cabai merah.
  4. Gunakan 15 buah of cabai rawit.
  5. Sediakan 100 gr of ebi kering.
  6. Dibutuhkan 1 ujung sendok teh of terasi.
  7. Siapkan 400 gr of gula pasir.
  8. Diperlukan 100 gr of garam.
  9. Dibutuhkan 5 bh of jeruk nipis (peras).
  10. Diperlukan secukupnya of Cuka masak.
  11. Siapkan of Buah:.
  12. Dibutuhkan 2 bh of nanas madu.
  13. Ambil 1 bh of bengkoang uk besar.
  14. Gunakan 1/2 kg of salak pondoh.
  15. Dibutuhkan 2 ikat of rambutan.
  16. Gunakan 100 gr of anggur red globe (belah 2).

Cita rasa manis dan asam buah semakin terasa nikmat dengan dipadukan larutan gula, garam, cuka, asam jawa, dan berbagai bumbu lainnya. Asinan buah ini cocok dinikmati saat santai atau saat cuaca yang panas. Deskripsi tentang asinan buah Indonesia memang terkenal dengan aneka ragam kulinernya. Keanekaragaman ini dikarenakan wilayah Indonesia yang luas dan kebudayaan yang beragam.

Proses menyiapkan Asinan buah:

  1. Rendam ebi dgn air panas sampai air berubah jd hangat suam kuku, tiriskan.
  2. Cuci bersih cabai.
  3. Masukan cabai, ebi, terasi yg sudah d goreng/bakar. Blender sampai halus.
  4. Didihkan air lalu masukan cabai yg sudah d blender.
  5. Tambahkan gula dan garam, dan perasan air jeruk nipis.
  6. Tambahkan cuka masak secukupnya (sy kurleb 4sdm).
  7. Tes rasa.
  8. Sambil nunggu kuah nya dingin, bersihkan buah2an dan potong sesuai selera.
  9. Setelah kuah sudah mulai dingin...saring untuk hasil yg lebih baik.
  10. Lalu campurkan buah dan kuahnya.
  11. Its done....masukan asinan dlm kulkas terlebih dahulu. Sajikan dingin lebih segar.
Salah satu kuliner favorit Indonesia adalah asinan buah. Resep asinan buah - Makanan khas dari Indonesia memang beragam jenis dan cita rasanya, mulai dari yang gurih sampai yang segar, salah satu makanan yang Asinan buah memang dibuat dari buah serta sayur yang diberi bumbu berupa kuah yang rasanya pedas, gurih, manis, dan juga asin. Asinan buah memiliki sebutan lain yaitu asinan Bogor. Asinan ini memang banyak ditemukan di Bogor, khususnya daerah Cibinong dan kota Bogor. Untuk asinan Bogor ini, buah yang digunakan biasanya adalah mangga muda, jambu air, kedondong, bengkoang, timun, dan nanas.

Ternyata tidak susah, kan? Yuk, mulai belanja bahan-bahannya dan bersiap untuk membuat asinan buah. Makan malam hari ini pasti akan terasa istimewa! Kalau resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kamu ya.

close