Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Langkah Mudah Memasak Ikan asin cabe rawit Untuk Pemula!

Ingin tau rahasia membuat ikan asin cabe rawit yang enak? Tidak perlu pusing lagi, disini kami hanya menyediakan resep resep ikan asin cabe rawit terbaik! ikan asin cabe rawit salah satu sajian dengan rasa berani dan tentunya dijamin pasti nagih.

Ikan asin cabe rawit

Banyak orang malas mulai memasak ikan asin cabe rawit karena takut masakan yang dihasilkan tidak enak. Banyak hal yang berpengaruh terhadap kualitas rasa dari ikan asin cabe rawit! Pertama dari kualitas alat masak, selalu pastikan untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi bersih. Selain itu, jenis bahan yang digunakan juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu gunakan bahan yang masih segar.. Kemudian, perbanyaklah latihan untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Siapkan daun salam,daun jeruk dan lengkuas iris tipis / geprek. Tunggu saus smp mendidih kemudian masukkan ikan asin dan tomat/blimbing wuluh yg sudah dipotong, aduk sampai meresap, tambahkan potongan daun bawang. Ikan asin memang menjadi makanan tradisional yang dikenal lezat dan murah harganya.

Sobat dapat memasak ikan asin cabe rawit hanya dengan menggunakan 13 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin ikan asin cabe rawit yuk!

Untuk membuat Ikan asin cabe rawit, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Dibutuhkan 300 gr of Ikan asin jambal/benggol, digoreng.
  2. Gunakan 1 jempol of Jahe, geprek.
  3. Siapkan 1 lembar of Daun salam.
  4. Diperlukan Secukupnya of Air.
  5. Diperlukan Secukupnya of Garam, gula merah, dan kaldu bubuk.
  6. Sediakan 2 papan of Petai.
  7. Sediakan 1 batang of Daun bawang.
  8. Gunakan of Bumbu ulek kasar.
  9. Siapkan 6 siung of Bawang merah.
  10. Ambil 4 siung of Bawang putih.
  11. Siapkan 1/2 buah of Tomat.
  12. Gunakan 4 buah of Cabe rawit merah.
  13. Diperlukan 10 buah of Cabe rawit hijau.

Ikan asin banyak dijumpai di pasar-pasar tradisional Langkah: a. Tumis sebentar bawang putih, bawang merah, cabe rawit, dan kunyit lalu ulek kasar saja. b. Ikan asin sambal rawit Ikan asin yang gurih renyah bisa dipadukan dengan cabe rawit merah atau hijau untuk rasa yang lebih menggigit. Jenis ikan asin kecil paling cocok diolah dnegan bumbu ini.

Langkah-langkah menghidangkan Ikan asin cabe rawit:

  1. Tumis bumbu sampai wangi, masukan jahe dan daun salam..
  2. Tambahkan air sedikit saja, masukan ikan asin..
  3. Bumbui dengan garam, gula merah dan kaldu bubuk. Cicipi rasanya..
  4. Terakhir masukan petai dan daun bawang. Aduk sebentar, sajikan..
  5. Kalau pakai ayam atau ikan, ayam/ikannya dimarinasi dulu dengan garam dan bawang putih 30 menit lalu goreng..
Cukup sediakan nasi hangat, santapan buka dan sahur pasti memuaskan. Ada ikan asin biji nangka, ikan sepat, teri medan yang sangat terkenal, sampai baby cumi yang saat ini sedang naik daun. Biasanya ikan asin ini akan sulit dijumpai jika nelayan tidak melaut akibat cuaca buruk. Tidak lupa potongan cabe rawit supaya lebih pedas. Penggemar ikan asin tentu kenal dengan ikan asin jambal roti.

Sangat mudah dan bakal bikin suasana makan bersama keluarga makin seru pastinya. Yuk, jangan ragu untuk membuat ikan asin cabe rawit hari ini! Jika resep ini berguna jangan lupa untuk membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close