Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Resep: Cumi Asin Cabai Hijau Untuk Pemula!

Bosen sama hidangan yang itu-itu saja? Mari coba resep cumi asin cabai hijau ini, mungkin bisa jadi menu favorit baru keluarga! Perkaya perbendaharaan resepmu dengan cumi asin cabai hijau! Makanan spesial untuk akhir pekan. Selamat mencoba resepnya!

Cumi Asin Cabai Hijau

Sebagian Besar orang tidak berani memasak cumi asin cabai hijau karena takut masakan yang dihasilkan tidak lezat. Banyak hal yang mempengaruhi kualitas rasa dari cumi asin cabai hijau! Pertama dari jenis alat masak, pastikan selalu untuk menggunakan alat masak yang bagus dan selalu dalam kondisi baik dan bersih. Selanjutnya, kualitas bahan yang dipakai juga mempengaruhi cita rasa, oleh karena itu selalu pakai bahan yang masih segar.. Dan yang terakhir, perbanyaklah berlatih untuk mengenali berbagai macam rasa masakan, nikmatilah setiap proses memasak dengan sepenuh hati, karena perasaan yang semangat, tenang dan tidak terburu-buru mempengaruhi hasil akhir masakan juga lho!

Cumi asin cabai hijau yang dipadukan dengan terung ungu. (primarasa.co.id). Tekstur cumi yang kenyal, empuk, dan gurih saat dimasak tentu akan kian sedap saat dimasak dengan cita rasa asin berpadu dengan cabai hijau dan tomat hijau yang renyah segar. Anda wajib mencoba resep cumi asin cabai hijau ini.

Cara membuatnya pun tidak susah, sobat dapat membuat cumi asin cabai hijau hanya dengan menggunakan 11 bahan dan 5 langkah saja. Berikut ini bahan dan cara untuk membuatnya, bikin cumi asin cabai hijau yuk!

Untuk menyiapkan Cumi Asin Cabai Hijau, gunakan bahan-bahan dan bumbu yang dibutuhkan sebagai berikut:

  1. Siapkan of Bahan :.
  2. Diperlukan 250 gr of cumi asin.
  3. Sediakan of Bumbu :.
  4. Ambil 1 buah of bawang bombay iris panjang.
  5. Siapkan 3 buah of bawang putih cincang halus.
  6. Ambil 5 siung of bawang merah iris halus.
  7. Dibutuhkan 5 buah of cabai hijau besar.
  8. Dibutuhkan 5 buah of cabai hijau keriting.
  9. Diperlukan 1 buah of tomat merah besar.
  10. Siapkan of Kecap secukupnya sesuai selera manis.
  11. Siapkan of Gula dan penyedap (jika suka).

Tidak usah ditanya lagi, cumi asin ini sangat lezat apalagi Cumi asin merupakan cumi yang di keringkan dan diberi garam seperti diasinkan, sehingga rasanya menjadi asin. Olahan cumi asin memang sedikit identik dengan tanah Sunda. Jika Anda menyukai cumi-cumi yang pedas gurih, Anda bisa mengolah cumi yang sudah diasin dan dikeringkan ini. Masakan laut memang enak jika dimasak pedas, nah untuk itu dalam resep ini cumi asin akan kita oseng bersama cabai hijau, cabe rawit, tomat hijau.

Langkah-langkah memasak Cumi Asin Cabai Hijau:

  1. Siapkan bahan2 yg dibutuhkan.
  2. Cuci bersih cumi, buang tintanya. Rebus cumi sampai mendidih. Lalu angkat. Jangan merebus terlalu lama karena cumi justru semakin kenyal/keras nantinya. Cukup tunggu hingga air mendidih lalu angkat, diamkan 5 menit, tiriskan. (tips agar cumi tdk asin).
  3. Tumis bawang putih dan bawang bombay hingga harum, lalu masukan bawang merah. Lalu menyusul cabai hijau. Tumis hingga cabai hijau setengah matang.
  4. Masukan cumi, beri kecap secukupnya sesuai selera, gula dan penyedap jika suka.
  5. Koreksi rasa, jika dirasa cumi sudah matang dan kecap sudah menyatu warnanya, masukan tomat, aduk sebentar saja, angkat. Agar tomat ttp segar (tomatnya tak perlu matang dimasak ya moms, hanya utk topping saja).
Ya, hanya dengan menggunakan cumi asin, cabai, bawang merah, dan bumbu sederhana lainnya, menikmati secangkir nasi panas bersama dengan cumi pedas Tambahkan irisan jahe, masak hingga harum. Tambahkan irisan cabai keriting, cabe rawit, petai dan irisan tomat hijau, aduk sampai semua. Cara memasak cumi asin cabai hijau: Rendam cumi di dalam air panas sampai lunak, lalu potong kecil-kecil. Haluskan bumbu-bumbu dengan cara diblender atau diuleg. Panaskan minyak goreng secukupnya, kemudian tumis bumbu halus.

Mudah bukan membuat cumi asin cabai hijau? Selamat berkreasi di dapur! Jika resep ini berguna jangan lupa agar membagikannya ke teman-teman kalian ya.

close